iPhone Made in China Asli atau Palsu?

Banyak pengguna yang bertanya-tanya, apakah iPhone Made in China atau Buatan China itu Asli atau Palsu?

Supaya tidak bingung pada postingan kali ini Admin akan memberikan informasinya untuk kalian. Tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

iPhone Made in China Asli atau Palsu?

iPhone yang asli tidak dilabeli tulisan "Made in China" melainkan "Designed by Apple in California Assembled in China".

Label tulisan ini dapat kalian temukan di bagian bodi belakang pada sebagian iPhone keluaran lama, di dus atau kotaknya, hingga di kertas dokumentasinya.


Arti "Designed by Apple in California Assembled in China" yakni bahwa iPhone "Dirancang oleh Apple di California dirakit di China"

Jadi, apabila kalian menemukan label tulisan "Made in China" pada iPhone, dus, serta dokumentasinya alih-alih "Designed by Apple in California Assembled in China", maka kemungkinan besar bahwa iPhone tersebut palsu.

iPhone Buatan China Asli atau Palsu?

Apabila yang kalian maksudkan adalah iPhone yang seutuhnya buatan dan berasal dari China maka tentu iPhone tersebut bisa dibilang palsu.

Sebab ada kemungkinan bahwa iPhone tersebut adalah iPhone Tiruan (iPhone HDC), terutama jika sistem operasinya menggunakan Android yang dimodifikasi layaknya iOS.

Sebenarnya iPhone Buatan China atau Amerika Serikat?


iPhone yang asli dirancang oleh Apple yang berasal dari Amerika Serikat, meski seluruh komponen penyusun hingga perakitan menjadi bentuk iPhone memang dilakukan di China.

Namun, untuk sistem operasi "iOS" pada iPhone seutuhnya dirancang oleh Apple di Amerika Serikat.

Mengapa iPhone dirakit di China? salah satu alasannya karena Apple banyak mengandalkan komponen utama iPhone yang berasal dari pabrikan asal China atau Taiwan seperti Foxconn, Pegatron, dan Wistron.

Pembuatan iPhone tentu akan terkendala tanpa pasokan komponen dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Alasan lainnya adalah karena biaya tenaga kerja yang rendah sehingga Apple bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Selain itu China juga masih merupakan pasar penjualan terbesar bagi Apple.

Penutup...

Nah, jadi bagaimana, apakah informasi di atas sudah cukup menjawab pertanyaan kalian seputar iPhone Made in China maupun iPhone Buatan China itu asli atau palsu?

Ingat ya, Apple sebenarnya sudah secara terbuka menjelaskan bahwa iPhone dirancang oleh Apple di California (Amerika Serikat) namun dirakit di China. Sehingga sebenarnya tidak perlu dipertanyakan lagi kecuali memang iPhone secara mencurigakan dilabeli tulisan "Made in China" atau buatan China seutuhnya.

Sejak iPhone XR, XS, dan lebih baru, Apple tidak lagi menyertakan label tulisan "Designed by Apple in California Assembled in China" pada bodi bagian belakang iPhone. Namun, kalian tetap dapat menemukannya di dus atau dokumentasi iPhone.