Apakah iCloud iPhone Lock iCloud Bisa Diperbaiki?

Banyak dari kalian yang mungkin bertanya-tanya, kira-kira apakah iCloud iPhone yang lupa atau lock iCloud bisa diperbaiki (unlock) sehingga bisa dipakai lagi?

Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan informasinya untuk kalian.

Apakah iCloud iPhone Lupa/Lock iCloud Bisa Diperbaiki?


Cara termudah untuk memperbaiki iPhone yang terkunci iCloud adalah dengan memasukkan password atau akun iCloud dari si Pemilik asli yang memiliki iPhone tersebut.

Namun, kenyataannya hampir seluruh kasus iPhone yang terkunci iCloud terjadi pada iPhone yang tidak diketahui pemiliknya atau bahkan merupakan hasil curian.

Skenarionya biasanya seperti ini:

  1. Pengguna mencoba membuka password iPhone yang tidak diketahui (tebak-tebak).
  2. iPhone terlalu banyak mengalami percobaan salah password sehingga dipaksa reset ke pengaturan pabrik melalui bantuan komputer.
  3. Setelah direset paksa, iPhone akan meminta verifikasi kepemilikan saat melakukan pengaturan awal melalui password atau akun iCloud yang sebelumnya terdapat pada iPhone tersebut.
  4. Karena keduanya tidak diketahui, akhirnya, jadilah "iPhone Lock iCloud", yakni iPhone yang tertahan di pengaturan awal.

Lalu, adakah solusi untuk memperbaiki, unlock, atau menjebol iCloud tersebut?

Sejauh ini, terdapat 3 solusi yang Admin ketahui. Berikut di antaranya:

Kembalikan iPhone ke Pemilik Aslinya


Apabila iPhone tersebut milik orang lain dan bukan menjadi hak kalian, merupakan pilihan yang paling tepat untuk mengembalikannya ke si Pemilik aslinya apabila memungkinkan.

Proses Bypass iCloud


Jika cara pertama tidak memungkinkan karena beragam alasan, terdapat proses "Bypass iCloud" yakni proses untuk menghilangkan atau melewati aktivasi iCloud sehingga iPhone bisa masuk ke menu utama dan digunakan seperti normal.

Namun, jangan senang dulu, proses bypass ini tidak semudah yang kalian kira.

Proses bypass saat ini diketahui hanya bisa dilakukan pada iPhone keluaran lama saja dan iOS versi tertentu (biasanya versi lama juga).

Selain itu kekurangan utama lainnya adalah "efek samping" dari proses bypass itu sendiri. Contoh yang paling umum seperti tidak boleh update iOS dan tidak boleh direset.

Apabila dilanggar maka iPhone biasanya akan brick dan perlu direset total sehingga akan terkunci kembali.

Terakhir, proses bypass ini tidak sembarangan orang bisa melakukannya dan rawan juga terjadi penipuan.


Buang atau Jual


Pemilik aslinya tidak diketahui? tidak memungkinkan di-bypass juga? pertimbangkan untuk membuangnya atau dijual dalam keadaan seperti itu.

Mungkin, ada beberapa part atau komponen pada iPhone yang masih bisa dipakai untuk pengganti kerusakan. Entah itu layarnya, baterai, speaker, atau kamera.

Untuk mainboard yang berisikan chipnya mungkin bisa dibuang saja, karena seluruh sistem, data, hingga enkripsi terdapat pada chip yang sudah terkunci iCloud tersebut.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian?

Intinya, iPhone yang sudah lupa/lock iCloud sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan kemungkinan yang sangat kecil, yakni melalui proses "Bypass iCloud".

Namun, selebihnya, cara pertama adalah solusi terbaik dan paling tepat! kemudian cara ketiga adalah solusi apabila cara pertama dan kedua tidak lagi memungkinkan.