Cara Mengatasi iPhone 13 Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan (Nge-hang)

Mungkin, tidak sedikit di antara pengguna iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max yang mendapati bahwa iPhone mereka tiba-tiba layarnya tidak bisa disentuh, yang secara otomatis iPhone juga tidak bisa dimatikan atau dikunci. Singkatnya, nge-hang.

Namun, tidak perlu panik atau khawatir, sebab masalah seperti ini bisa dibilang cukup umum terjadi dan biasanya dapat dengan sangat mudah diperbaiki.

Baik, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengatasi iPhone 13 Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan (Nge-hang)


Salah satu cara utama mengatasi iPhone 13 yang tidak bisa disentuh atau matikan adalah dengan melakukan cara-cara di bawah berikut, yakni dengan melakukan Restart Paksa atau Force Restart.

Berikut cara-caranya (lakukan dengan tempo perpindahan tombol yang agak cepat ya.):

  1. Pertama silakan Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas.
  2. Selanjutnya Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas.
  3. Terakhir Tekan dan Tahan tombol Power/Lock/Samping hingga iPhone Restart atau Menampilkan Logo Apple.


Apabila logo Apple sudah muncul, pertanda iPhone berhasil di-restart paksa dan setelahnya iPhone akan berjalan dengan normal kembali.

Namun, apa sih penyebab iPhone tiba-tiba tidak bisa disentuh tersebut?

Penyebab iPhone Tiba-Tiba Tidak Bisa Disentuh/Dimatikan


1. Bug pada Sistem

Penyebab utama iPhone yang tiba-tiba tidak bisa disentuh maupun dimatikan, biasanya karena Bug atau Kesalahan sistem. Bug ini bisa dibilang tidak mendandakan kerusakan pada iPhone melainkan pada sistem operasinya.

Untuk mencegahnya kalian cukup secara rutin update ke iOS versi terbaru yang tersedia.

2. Akibat Terbentur atau Terendam Air yang Mengakibatkan Kerusakan Hardware

Banyak kasus di mana setelah terbentur keras (terjatuh) atau kemasukan air, iPhone tiba-tiba ngehang dan tidak bisa disentuh sama sekali.

Untuk mengatasinya, kalian bisa mencoba cara-cara di atas tadi. Namun, apabila tidak juga berhasil, kemungkinan hardware atau salah satu komponen pada iPhone mengalami masalah.

3. Akibat Jailbreak

Jailbreak adalah proses untuk membuka secara paksa akses ke file sistem atau aplikasi yang tidak diizinkan oleh Apple.

Karena proses ini biasanya memanfaatkan celah keamanan atau tweak yang diinstall tidak kompatibel. Hal ini dapat menyebabkan iPhone tiba-tiba ngehang alias tidak bisa disentuh.

Penutup...

Nah, bagaimana, apakah sudah berhasil mengatasi iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max kalian yang tiba-tiba tidak bisa disentuh atau dimatikan?

Apabila cara-cara di atas sudah dicoba dan diterapkan berulang kali dan iPhone tidak bisa diperbaiki juga, terutama setelah iPhone terjatuh atau terendam air dalam waktu lama. Maka, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple atau jasa perbaikan iPhone yang sudah terpercaya lainnya.