Cara Mengatasi Layar Laptop yang Agak Kuning atau Kemerahan

Layar laptop tampak lebih kuning atau kemerahan? terutama saat layar menampilkan warna putih? nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara mengatasinya.


Umumnya layar laptop yang tampak kuning atau kemerahan tersebut bukan berasal dari kerusakan pada layar, melainkan fitur yang ada pada Windows.

Apabila kalian juga menyadarinya, layar laptop akan berubah menjadi lebih kuning atau kemerahan pada saat malam hari. Di siang hari, layar laptop mungkin akan tampak normal-normal saja.

Oke, kalau begitu langsung saja simak informasi berikut serta cara-cara mengatasinya.

Penyebab Layar Laptop yang Agak Kuning atau Kemerahan

Layar Laptop yang berubah menjadi agak kuning atau bagi sebagian pengguna agak kemerahan, umumnya disebabkan oleh fitur "Night light".

Night light adalah fitur yang digunakan untuk mengubah temperatur warna layar laptop menjadi lebih hangat, sehingga berdampak pada warna yang agak kuning atau bagian sebagain pengguna terlihat agak kemerahan.

Salah satu tujuan fitur Night light adalah untuk mengurangi cahaya biru dan membantu pengguna lebih nyaman menatap layar di malam hari, terutama untuk membantu siklus tidur pengguna. Itulah mengapa fitur Night light umumnya akan aktif secara otomatis menjelang malam hari saja.

Untuk mengatasinya, kalian cukup mematikan fitur Night light melalui cara di bawah berikut.

Cara Mengatasi Layar Laptop yang Agak Kuning atau Kemerahan

Layar laptop yang tampak kuning atau kemerahan dapat diatasi dengan cara mematikan fitur Night light.

Berikut cara-caranya:

1. Klik kanan pada icon Windows kemudian pilih menu "Settings"

2. Selanjutnya pilih menu System > Display

3. Jika sudah silakan matikan menu "Night light"


Setelah itu coba lihat kembali hasilnya. Seharusnya warna laptop kalian sudah tidak terlalu kuning atau kemerahan lagi.

Tetapi, apabila setelah fitur di atas dinonaktifkan layar laptop tetap kuning atau kemerahan. Ada kemungkinan layar pada laptop tersebut lah yang bermasalah atau mungkin sudah menjadi ciri khas layar laptop tersebut.

Kalian disarankan untuk membawa laptop tersebut ke service center sesuai merk laptop atau menggaransikan laptop, apabila warna kuning atau merah di layar sudah cukup jelas (tampak tidak normal) serta sangat mengganggu.

Penutup...

Sebenarnya, Admin sendiri menyarankan agar kalian tetap mengaktifkan fitur Night light terutama saat sedang menggunakan laptop di malam hari.

Selain dapat membantu merangsang tidur nyenyak, fitur tersebut juga dapat membantu menjaga kesehatan mata akibat paparan cahaya biru berlebih.

Namun, semua kembali lagi kepada selera dan kenyamanan masing-masing.