Cara Menampilkan Persentase Baterai di Icon Baterai iPhone

Melalui iOS 16 tepatnya iOS 16 beta 5, Apple akhirnya menyertakan angka persentase pada icon baterai di status bar iPhone.


Kini, pengguna iPhone khususnya iPhone tanpa tombol home, tidak perlu lagi membuka control center hanya untuk melihat detail sisa baterai.

Nah, bagi yang sudah menginstall setidaknya iOS 16 atau saat postingan ini ditulis iOS 16 beta 5 (developer). Langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk menampilkan persentase baterai di icon baterai iPhone.

UPDATE! persentase baterai di status bar tidak mendukung iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12 mini, dan iPhone 13 mini.

Cara Menampilkan Persentase Baterai di Icon Baterai iPhone

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone

2. Kemudian cari dan pilih menu "Baterai"


3. Jika sudah, silakan aktifkan menu "Persentase Baterai"


Sebagai tambahan. Persentase Baterai di iPhone secara otomatis muncul apabila pengguna mengaktifkan "Mode Daya Rendah". Yakni, mode yang digunakan untuk menghemat penggunaan baterai iPhone.

Karena Mode Daya Rendah ini secara otomatis akan aktif ketika baterai iPhone berada pada angka 20%. Maka kalian mungkin akan menyadari juga kalau persentase baterai di icon baterai iPhone akan muncul saat baterai iPhone telah 20% atau lebih rendah.

Penutup...

Jadi, bagaimana menurut kalian soal perubahan tampilan yang dibawa oleh iOS 16?

Meski begitu, apabila kalian mengakses aplikasi atau game yang umumnya menggunakan tampilan layar iPhone secara penuh, kalian tetap perlu mengakses control center maupun notification center untuk melihat persentase baterai iPhone.

Di sisi lain, saat mengakses control center, persentase baterai tetap akan ditampilan di sisi samping icon baterai.