Cara Menggunakan iPhone Sebagai Timbangan

Pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara membuat iPhone kalian menjadi timbangan. Ya, timbangan yang digunakan untuk mengukur berat massa.

Kok bisa? menjadikan iPhone sebagai timbangan dapat dilakukan berkat fitur 3D Touch. Yakni, sensor yang digunakan untuk mengukur tekanan pada layar.

Namun sayangnya, fitur 3D Touch hanya terbatas pada beberapa model iPhone terdahulu saja.

Baik, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Menggunakan iPhone Sebagai Timbangan


Perlu kalian ketahui bahwa cara ini hanya berlaku bagi iPhone dengan fitur 3D Touch seperti iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max.

Berat maksimal yang dapat ditimbang yakni sebesar 400 gram. Lebih dari itu pengukuran mungkin menjadi tidak akurat.

Ingat, tidak ada jaminan bahwa cara pengukuran di bawah ini akurat! jangan menaruh benda yang terlalu berat atau tajam yang berpotensi merusak layar!

1. Silakan buka browser Safari di iPhone.

2. Kemudian masuk ke situs berikut: https://apps.wernjie.com/digital-scale/

3. Jika sudah, coba letakkan jari kalian (tekan sedikit) pada layar dan lihat hasilnya.


4. Untuk mengukur berat benda, benda tersebut haruslah benda yang kondiktif, solusinya kalian bisa melapisi bagian atas layar iPhone dengan benda tipis konduktif seperti aluminium.

Nah, bagaimana, apakah sudah berhasil?

Bagi yang belum tahu, pada dasarnya 3D Touch difungsikan sebagai tindakan tambahan untuk mengakses menu, pintasan, hingga digunakan sebagai aksi kontrol tambahan pada game.

Sayangnya, melalui iPhone XR, iPhone 11, dan seterusnya, fitur 3D Touch tidak lagi hadir di iPhone. Sebab iOS terbaru sudah mampu mengoptimalkan dan menggantikan fungsi dari fitur 3D Touch.

Penutup...

Cara-cara ini sebenarnya bukanlah solusi yang tepat untuk melakukan penimbangan.

Namun, setidaknya cara-cara tersebut dapat menjadi bukti bahwa beragam fitur pada iPhone dapat dimanfaatkan sampai ke titik tersebut.

Keren, bukan?