Apa Arti dan Maksud J/A di iPhone?

Pernahkah kalian menemukan istilah iPhone J/A, Set J/A, Regional J/A, dan lain sebagainya? lalu apa arti dan maksud dari J/A di iPhone tersebut?

Perlu kalian ketahui sebelumnya bahwa iPhone sendiri memiliki kode pemasaran yang berbeda-beda di setiap wilayah atau negara.

Salah satu tujuan pemisahan tersebut adalah untuk mengikuti peraturan atau penyesuaian aksesoris bawaan berdasarkan tempat di mana iPhone tersebut diedarkan.

Apa Arti dan Maksud J/A di iPhone?


J/A pada iPhone sendiri merupakan kode wilayah yang menunjukkan bahwa iPhone tersebut berasal dari Jepang.

Mengapa kode J/A begitu populer? karena iPhone yang berasal dari Jepang suara kameranya tidak bisa di-silent atau dimatikan.

Mengapa suara kamera iPhone Jepang tidak bisa dimatikan? yakni untuk alasan Privasi, tepatnya agar orang lain menyadari bahwa ada seseorang yang sedang mengambil gambar/foto.

Apakah iPhone Jepang saat masuk ke Indonesia suara kameranya bisa dimatikan? jawabannya sayang sekali tidak. Hal ini sudah menjadi konfigurasi bawaan pabrik untuk iPhone yang diedarkan khusus untuk wilayah Jepang.

Nah, karena alasan inilah banyak pengguna maupun penjual yang menghindari iPhone yang berasal dari Jepang.

Kalaupun ada biasanya harga iPhone Jepang dibanderol sedikit lebih murah dibandingkan iPhone yang berasal dari wilayah lainnya, khususnya untuk kondisi Second.

Namun sekali lagi ingat ya! yang membedakan iPhone Jepang dan iPhone dari wilayah lainnya hanya suara kameranya saja yang tidak bisa dimatikan, sebab hal ini untuk mengikuti peraturan tempat iPhone diedarkan.

Sedangkan untuk kualitas lainnya seperti kamera, layar, dan perangkat keras lainnya semuanya sama dengan iPhone yang diedarkan di wilayah lainnya.

Bagaimana Cara Mengetahui Asal iPhone?

Sangat mudah, kalian bisa menemukan kode seperti J/A tersebut pada menu "Nomor Model" di aplikasi Pengaturan iPhone. Berikut cara-caranya:

1. Buka aplikasi "Pengaturan" bawaan iPhone.

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Mengenai.

3. Jika sudah, silakan perhatikan menu "Nomor Model" dan cek 1 atau 2 huruf sebelum tanda slash "/" lalu cocokan dengan daftar yang ada di bawah berikut:


Contohnya, apabila Nomor Model menunjukkan "MT256ZA/A" maka iPhone tersebut berasal dari Singapura.

Namun, apabila Nomor Model menunjukkan "NZS73J/A" maka iPhone tersebut berasal dari Jepang.

Penutup...

Jadi, bagiamana menurut kalian? apakah tertarik ingin menggunakan iPhone yang berasal dari Jepang? tidak masalah jika suara kamera iPhone tidak bisa dimatikan?