Apa Fungsi Mode Kuncitara atau Lockdown Mode di iPhone?

Bagi pengguna iPhone serta iPad, khususnya yang telah menggunakan iOS 16 atau iPadOS 16 dan lebih baru. Pernahkah kalian menemukan menu "Mode Kuncitara" atau "Lockdown Mode" yang berada pada pengaturan Privasi?

Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan informasi seputar fungsi dari Mode Kuncitara atau Lockdown Mode tersebut.

Kalau begitu, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Apa Fungsi Mode Kuncitara atau Lockdown Mode di iPhone?


Mode Kuncitara atau Lockdown Mode di iPhone adalah fitur yang digunakan untuk meningkatkan keamanan iPhone. Tepatnya memblokir malware (perusak) atau spyware (mata-mata) yang ingin mencoba menerobos akses ke data-data di iPhone kalian.

Perlu kalian ketahui, bahwa mode ini dirilis sebagai respon Apple terhadap serangan spyware Pegasus. Yang mana spyware ini dapat menerobos ke data-data pengguna pada iPhone yang terkunci.

Spyware ini telah ditemukan di lebih dari 150 negara dan umumnya mengincar target-target penting seperti politisi, jurnalis, pengacara, dll.

Bagaimana Cara Kerja Mode Kuncitara atau Lockdown Mode?

Dengan mengaktifkan Mode Kuncitara atau Lockdown Mode, iPhone akan memblokir beragam hal yang berpotensi sebagai celah masuk keamanan. Misalnya:

  • Membatasi beberapa fitur serta lapiran (file) yang dikirim melalui pesan.
  • Memblokir panggilan FaceTime dari nomor tidak diketahui.
  • Menonaktifkan fitur Album Bersama.
  • Memblokir akses sambungan kabel saat iPhone dalam keadaan terkunci.
  • Memblokir undangan tidak diketahui yang masuk pada layanan Apple.
  • Memblokir instalasi profil konfigurasi.

Semua hal tersebut dilakukan untuk melindungi iPhone dari serangan cyber attack canggih.

Apakah Mode Kuncitara atau Lockdown Mode Perlu Diaktifkan?


Menurut Apple bahwa hanya beberapa pengguna yang membutuhkan fitur Mode Kuncitara atau Lockdown Mode, yakni apabila kalian berisiko menjadi target incaran dari serangan cyber attack. Contohnya seperti politisi, jurnalis, pengacara, aktivis, dll.

Apabila kalian hanya pengguna iPhone normal pada umumnya, mode ini tidak perlu diaktifkan karena hanya akan membatasi beberapa fitur iPhone.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Mode Kuncitara atau Lockdown Mode?

Silakan masuk ke aplikasi Pengaturan lalu pilih menu Privasi > Mode Kuncitara (atau: Lockdown Mode) > Nyalakan Mode Kuncitara.

Setelah itu iPhone akan meminta konfirmasi restart untuk menerapkan atau menyalakan fitur Mode Kuncitara (Lockdown mode).

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian?

Dalam penggunaan sehari-hari, keamanan iPhone secara default sudah lebih dari cukup untuk melindungi iPhone kalian.

Fitur ini lebih dikhususkan bagi beberapa orang penting yang rentan menjadi target cyber attack bernilai tinggi.

Lagipula, dengan tingkat kesulitan tinggi serta biaya yang sangat mahal, data penting apa yang ingin dilihat oleh peretas di iPhone kalian? sepertinya tidak ada yang penting atau berharga bagi si peretas ya😄, jadi kalian tidak perlu khawatir😊.