Di mana Letak Tombol Enter iPhone?

Tombol "Enter" adalah salah satu tombol yang fungsinya penting untuk mengkonfirmasi pencarian, membuat barus baru pada tulisan, atau mengirim sesuatu.

Namun, banyak pengguna iPhone terutama pengguna yang baru saja menggunakan iPhone, bingung untuk mencari letak tombol Enter tersebut.

Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan informasi seputar: di manakah letak tombol Enter di iPhone 7, 8, X, XR, XS, 11, 12, 13, SE, dst.?

Di mana Letak Tombol Enter iPhone?


Letak tombol Enter di iPhone cukup bervariasi tergantung apa yang sedang kalian lakukan atau kerjakan.

Jika sedang mengetik, tombol Enter di iPhone terletak di keyboard iPhone itu sendiri, tepatnya di ujung kanan bawah keyboard.

Tombol tersebut bisa menampilkan keterangan yang bervariasi mulai dari "Cari", "Masuk", "Kembali", dll., tergantung kalian sedang mengetik di menu atau aplikasi apa, serta untuk tujuan apa.

Sebagai contoh, apabila sedang mencari sesuatu di menu Pencarian atau sedang memasukkan akun untuk Login, maka keterangannya akan berubah menjadi "Cari" atau "Masuk".


Meski begitu, seringkali tombol tersebut hanya difungsikan untuk menyelesaikan pengetikan dan menutup tampilan keyboard.

Menu untuk Login atau konfirmasi masuk terdapat di tempat lain tergantung aplikasi.

Sedangkan apabila sedang mengetik, misalnya di aplikasi catatan, maka tombol Enter pada keyboard tersebut akan berubah keterangan menjadi "Kembali" yang fungsinya untuk membuat baris baru pada tulisan.


Pada intinya, letak dan fungsi tombol Enter di iPhone menyesuaikan aplikasi atau menu yang sedang dikerjakan.

Letak Tombol Enter untuk Mengirim atau Selesai

Lalu, di manakah letak tombol Enter yang difungsikan untuk mengkonfirmasi sesuatu, misalnya untuk mengirim pesan, menambahkan kontak yang sudah selesai dibuat, dan lain sebagainya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tombol Enter tersebut divariasikan berdasarkan atau tergantung pengaturan yang datang dari aplikasi.

Sebagai contoh, setelah kalian selesai menambahkan kontak baru, maka aplikasi kontak secara otomatis akan memunculkan tombol "Selesai" di pojok kanan atas layar.

Nah, tombol tersebutlah yang digunakan untuk mengkonfirmasi bahwa kalian sudah selesai membuat kontak baru.

Begitu juga untuk aplikasi lainnya, misalnya aplikasi WhatsApp atau Pesan. Letak tombol untuk mengirim pesannya tidak jauh dari kolom mengetik, yakni berada di jajaran atau sekitar bagian atas keyboard.

Berikut contohnya:


Penutup...

Bagaimana, apakah sudah tau letak tombol Enter di iPhone? saya harap begitu ya, hehe.

Ingat, iPhone adalah smartphone layar sentuh tanpa keyboard tambahan (eksternal), jadi seluruhnya dialihkan ke menu yang ada pada layar dan tidak terpaku pada satu tombol Enter saja seperti yang ada di laptop atau komputer.

Setelah terbiasa menggunakan iPhone, saya yakin ke depannya kalian akan mengerti sendiri tentang fungsi atau letak tombol Enter di iPhone. :)

Baik, itu saja informasi seputar letak tombol enter di iPhone yang dapat Admin bagikan. Apabila masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan seputar iPhone, silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.

Terima Kasih!