Apakah iPhone Region Amerika Bisa Dipakai di Indonesia?

Tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya, apakah iPhone Region atau Wilayah Amerika Serikat bisa dipakai di Indonesia?

Sebab seperti yang umum diketahui bahwa iPhone sendiri memiliki kode pemasaran yang bertujuan untuk penyesuaian di wilayah iPhone dipasarkan.

Misalnya penyesuaian aksesoris bawaan, fitur, garansi, peraturan yang berlaku di wilayah tujuan, dll.


Jadi, bagaimana untuk iPhone yang berasal dari Region Amerika Serikat? apakah bisa digunakan di Indonesia tanpa masalah?

Apakah iPhone Region Amerika Bisa Dipakai di Indonesia?

Seluruh iPhone yang dipasarkan di dunia termasuk untuk region Amerika Serikat bisa dipakai dengan bebas di Indonesia.

Namun, jangan senang dulu, sebab ada beberapa hal penting yang harus kalian perhatikan sebelumnya.

1. Pastikan Tidak Lock Carrier


Kebanyakan iPhone yang beredar di Amerika Serikat telah terikat kontrak (bundling) dengan operator tertentu yang ada di sana.

Akibatnya, iPhone hanya bisa menggunakan operator tersebut saja.

Jadi, pastikan iPhone wilayah Amerika Serikat yang kalian beli tidak terikat kontrak dengan operator manapun alias Unlock.

2. Daftarkan IMEI dan Bayar Pajak


Ingin membawa masuk iPhone dari Amerika ke Indonesia? selain memastikan jaringannya "Unlock" pastikan juga bahwa kalian telah menyiapkan dana lebih untuk membayar pajak serta mendaftarkan IMEI-nya saat masuk ke Indonesia ya.

Jika tidak, maka IMEI iPhone akan diblokir atau masuk dalam daftar Blacklist sehingga tidak bisa menggunakan jaringan dari operator yang ada di Indonesia.

3. Tidak Bisa Pakai Kartu SIM Fisik!


iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max, serta kemungkinan besar iPhone keluaran terbaru yang akan datang nantinya, apabila berasal dari wilayah Amerika Serikat, maka iPhone tersebut tidak lagi memiliki slot kartu SIM fisik atau SIM Tray.

Ya, Apple mulai menggantikan kartu SIM fisik ke kartu SIM Digital atau eSIM melalui jajaran iPhone 14 yang dipasarkan di wilayah Amerika Serikat.

Jadi, apabila kalian membeli jajaran iPhone 14 atau lebih baru yang berasal dari wilayah Amerika Serikat, maka kemungkinan besar iPhone tersebut hanya bisa menggunakan kartu SIM Digital atau eSIM.

Beruntung, di Indonesia sendiri beberapa operator telah menyediakan SIM Digital.


Penutup...


Pada dasarnya seluruh iPhone yang dipasarkan di seluruh dunia memiliki kualitas yang sama. Entah itu untuk kamera, performa, layar, dll.

Hanya saja perbedaan tersebut bertujuan untuk memisahkan iPhone yang memang harus mengikuti peraturan di wilayah iPhone tersebut diedarkan, aksesoris seperti charger, serta proses garansinya.

Sebagai contoh yang cukup umum yakni iPhone yang berasal dari Jepang dan Korea yang suara kamera-nya tidak bisa dimatikan karena peraturan privasi yang berlaku di kedua negara tersebut.

Oh ya, meskipun sudah dibawa ke Indonesia, suara kameranya tetap tidak bisa dimatikan ya karena sudah dirancang demikian dari pabriknya.

Itulah salah satu alasan mengapa tidak sedikit pengguna yang menghindari iPhone yang berasal dari Jepang dan Korea.

Bagaimana, menurut kalian?