Cara Mengatasi Baterai iPhone 1% Terus

Tidak sedikit pengguna yang menemukan bahwa baterai di iPhone mereka tidak mau naik atau stuck di 1% terus.

Lalu, apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Baterai iPhone 1% Terus


Ada beberapa hal yang umumnya menyebabkan mengapa baterai iPhone tidak mau bertambah atau tertahan di 1% terus, serta solusi mengatasinya.

1. Bug pada iOS

Sebelum melanjutkan ke masalah yang lebih serius, ada kemungkinan baterai iPhone yang tertahan di 1% tersebut hanya disebabkan oleh Bug atau Kesalahan sistem (iOS).

Untuk mengatasinya sangat mudah, kalian cukup mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali.

Jika berhasil, untuk mencegah masalah serupa terulang kembali, disarankan untuk secara rutin update iOS ke versi terbaru yang tersedia.

2. Kerusakan Charger

Apabila beruntung, masalah ini juga hanya disebabkan oleh kerusakan pada charger, entah itu adaptor atau kabelnya.

Charger yang bermasalah tidak dapat mengantarkan daya dengan baik sehingga baterai tertahan di 1%.

Solusinya, silakan coba ganti charger iPhone dan lihat hasilnya.

3. Kerusakan Baterai

Kemungkinan terbesar selanjutnya yakni datang dari kerusakan pada komponen Baterai sehingga perlu diganti ke yang baru.

Komponen Baterai yang sudah bermasalah tidak dapat mengisi atau menampung daya yang menyebabkan baterai tertahan di 1% terus.

Untuk memastikannya kalian bisa coba cek Kesehatan Baterai atau Battery Health iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

4. Kerusakan Charging Port

Apabila cara di atas sudah dicoba namun tidak kunjung membuahkan hasil. Ada kemungkinan Charging Port atau Konektor Charger pada iPhone mengalami masalah.

Solusinya, yakni dengan mengganti charging port yang bermasalah tersebut.

5. Kerusakan IC

Apabila seluruh cara di atas tidak juga membuahkan hasil, ada kemungkinan IC Charging atau IC yang mengatur pengisian daya di iPhone mengalami kerusakan.

Solusinya, tentu dengan membawa iPhone tersebut ke layanan perbaikan profesional dan sudah terpercaya.

Penutup...


Ingat, di luar solusi 1, 2, dan 3 di atas, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke tempat perbaikan iPhone yang sudah profesional atau service center Authorized Apple, agar dapat diketahui secara pasti kerusakan serta solusi mengatasinya.

Jika iPhone masih dalam masa garansi resmi, jangan sekali-kali membongkar atau memperbaiki iPhone tersebut sendiri. Silakan ajukan klaim garansi untuk mendapatkan perbaikan atau penggantian unit iPhone baru dari Apple.

Baik, itu saja informasi cara mengatasi baterai iPhone 1% terus yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!