Apakah iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro Perlu Pelindung Layar dan Kamera?

Apakah iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max perlu menggunakan pelindung layar, anti gores, atau tempered glass untuk melindungi layar serta lensa kamera iPhone?

Seperti yang kita ketahui bahwa menggunakan pelindung layar adalah hal yang sudah sangat umum setelah membeli sebuah smartphone termasuk iPhone.

Namun, mengingat semakin berkembangnya teknologi, khususnya untuk kualitas dan ketahanan layar serta kamera, membuat banyak pengguna ragu apakah mereka perlu tetap menggunakan pelindung untuk layar dan kamera iPhone atau tidak.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi mengapa kalian perlu menggunakan pelidung layar dan kamera dan sebaliknya.

Alasan Mengapa iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max Perlu Pelindung Layar dan Kamera


Apple sendiri mengklaim bahwa jajaran iPhone 14 sudah menggunakan pelindung layar yang lebih tangguh daripada pelindung kaca dari smartphone lainnya.

Meski begitu, kuat atau tangguh bukan berarti kebal ya! tetap saja layar dan lensa kamera iPhone rentan terhadap retak dan pecah akibat benturan keras serta mengalami goresan.

Jadi, untuk melindungi layar dan lensa kamera iPhone 14 kalian dari goresan serta risiko pecah akibat benturan, maka disarankan untuk menggunakan pelindung layar dan kamera, terkhusus layar karena memiliki area yang luas dan memiliki risiko lebih tinggi.

Saat ini sudah sangat banyak brand pelindung layar serta kamera yang menawarkan kualitas perlindungan maksimal saat menghadapi benturan.

Selain itu tingkat kejernihannya pun bahkan sama seperti tidak menggunakan pelindung layar sama sekali.

Alasan Mengapa iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max Tidak Perlu Pelindung Layar dan Kamera


Walau bagaimana pun tetap saja pelindung layar akan menutupi keindahan tampilan serta sensasi sentuhan yang ditawarkan oleh layar iPhone.

iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max sudah menggunakan lapisan pelindung layar berbahan keramik yang diklaim oleh Apple jauh lebih tangguh dari pelindung kaca smartphone lainnya.

Hal ini lebih dari cukup mengingat banyak smartphone dengan pelindung kaca sebenarnya sudah sangat mumpuni dalam melindungi layar dari benturan serta goresan.

Di sisi lain pelindung lensa kamera umumnya malah akan membuat hasil foto dan video tampak buram, blur, hingga muncul refleksi cahaya yang tidak diinginkan.

Persentase lensa kamera iPhone untuk tergores apalagi pecah sangatlah kecil mengingat kamera iPhone memiliki area yang kecil serta terletak di bagian belakang.

Kalian bisa mengakalinya dengan case yang menopang bagian kamera iPhone agar tidak langsung bersentuhan dengan permukaan.

Jadi, Pakai Pelindung Layar dan Kamera atau Tidak ya?


Untuk penggunaan jangka panjang serta bagi yang sering tidak memperhatikan iPhone-nya dengan baik, maka pelindung layar dan kamera terkhusus untuk layar saja, sangat dibutuhkan.

Tujuannya untuk mengurangi risiko pecah atau goresan akibat sering diletakkan bersamaan dengan benda lainnya atau mungkin sering terjatuh.

Tetapi jika kalian bisa memperhatikan iPhone tersebut dnegan baik, maka pelindung layar atau kamera tidak diperlukan karena jajaran iPhone 14 telah dilengkapi pelindung layar yang sangat baik.

Yang kalian butuhkan hanyalah case yang berkulitas untuk melindungi iPhone dari benturan normal sehari-hari serta kameranya agar tidak langsung besentuhan dengan permukaan.

Penutup...

Secara pribadi, Admin sendiri lebih merekomendasikan menggunakan pelindung layar daripada pelindung kamera yang biasanya dapat mengurangi kualitas hasil dari kamera iPhone.

Ingat, biaya perbaikan untuk mengganti layar iPhone yang mengalami kerusakan seperti retak atau pecah, sangatlah mahal. Bahkan harga yang harus dibayarkan terasa sama seperti membeli iPhone baru, tak terkecuali kalian menggunakan komponen pengganti yang tidak resmi.

Oke itu saja informasi seputar apakah iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max perlu pelindung layar dan kamera atau tidak.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mungkin kalian punya pendapat sendiri? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya.