Apakah iPhone Indonesia Bisa Dipakai di Luar Negeri?

Cukup banyak pengguna iPhone yang khawatir apakah iPhone yang mereka beli di Indonesia bisa dipakai atau digunakan di luar negeri atau tidak.

Jika begitu, kekhawatiran tersebut tidaklah salah, sebab memang tidak semua iPhone yang berasal dari Indonesia bisa dipakai di luar negeri. Dalam arti kemungkinan akan ada hal yang tidak berfungsi nantinya.

Nah, biar tidak penasaran langsung saja simak informasinya berikut ini.

Apakah iPhone Indonesia Bisa Dipakai di Luar Negeri?


Pada dasarnya seluruh iPhone yang berasal atau dibeli di Indonesia bisa dipakai di luar negeri. Meski begitu, perlu kalian perhatikan bahwa ada iPhone yang mungkin tidak akan berfungsi normal di luar negeri.

iPhone Indonesia yang tidak berfungsi dengan normal di luar negeri adalah iPhone Bundling atau iPhone Lock Carrier, yakni iPhone yang telah terikat dengan salah satu operator jaringan seluler khususnya yang ada di Indonesia.

Dengan begitu apabila iPhone tersebut dibawa ke luar negeri, maka iPhone tidak bisa menggunakan kartu SIM dari operator yang ada di negara tujuan.

Solusinya? menggunakan paket layanan khusus penggunaan di luar negeri sesuai yang ditawarkan oleh operator jaringan seluler yang digunakan oleh iPhone. Itupun jika tersedia.

Bagaimana Cara Mengetahui iPhone Bundling?


iPhone Bundling biasanya didapatkan atau dijual langsung oleh operator jaringan seluler yang disertai dengan penawaran paket layanan tertentu.

Mungkin saat membelinya kalian tidak menyadari jika iPhone tersebut hanya bisa menggunakan jaringan dari operator tersebut saja nantinya.

Di sisi lain kalian bisa mengetahui dengan mudah apakah iPhone tersebut merupakan iPhone Bundling atau tidak dari aplikasi Pengaturan iPhone.

Berikut cara-caranya:

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone.

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Mengenai.

3. Jika sudah, silakan cari dan perhatikan menu "Kunci Operator".


Apabila menu "Kunci Operator" menampilkan status "Tidak ada pembatasan SIM", maka iPhone tersebut bukanlah iPhone Bundling sehingga bebas menggunakan jaringan dari operator apapun termasuk yang berasal dari luar negeri.

Tetapi, apabila menu tersebut menampilkan nama operator yang menguncinya, maka iPhone tersebut tergolong iPhone Bundling yang hanya bisa menggunakan jaringan dari operator tersebut saja.

Selain Kemungkinan Jaringan, Apakah Seluruh iPhone Masih Berfungsi Normal?


Selain kemungkinan masalah jaringan seluler, untuk seluruh fungsi iPhone seperti kamera, gps, dll., tentu saja tetap akan berfungsi dengan normal tanpa masalah di negara mana pun kalian berada.

Bahkan, di beberapa negara tertentu seperti Amerika Serikat mungkin akan ada beberapa fitur yang tersedia di iPhone kalian yang tadinya tidak tersedia saat dipakai di Indonesia.

Sebab iPhone sendiri memang memiliki fitur tertentu yang hanya bisa berfungsi di negara tertentu.

Apakah iPhone Perlu Daftar IMEI Lagi Saat Masuk ke Indonesia?


Statusnya tidak akan berubah jika IMEI di iPhone tersebut sebelumnya sudah terdaftar di Kemenperin. Jadi, tentu saja kalian tidak perlu mendaftarkannya saat kembali ke Indonesia.

Penutup...

Bagaimana, sudah tahu kan apakah iPhone Indonesia bisa dipakai di luar negeri atau tidak?

Jawabannya umumnya tentu saja bisa ya, tak terkecuali jika iPhone tersebut merupakan iPhone Bundling yang menyebabkan iPhone kemungkinan besar tidak bisa menggunakan jaringan seluler dari operator yang ada di negara tujuan.

Sisanya, untuk beragam fungsi tentu akan berjalan seperti biasa tanpa masalah, tak terkecuali layanan tersebut secara global memang diblokir di negara tujuan.

Baik, itu saja informasi apakah iPhone Indonesia bisa dipakai di luar negeri yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin disampaikan atau tanyakan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya, terima kasih!