Cara Cek iPhone Bundling/Lock Carrier atau Tidak

iPhone Bundling atau iPhone Lock Carrier adalah iPhone yang jaringan selulernya terkunci atau terikat sehingga hanya bisa menggunakan jaringan dari operator yang menguncinya saja.

Sehingga apabila kalian mencoba menggunakan kartu sim atau jaringan dari operator lainnya, maka iPhone tidak akan mendapatkan sinyal.


Nah, bagi kalian yang ingin cek atau mengetahui apakah iPhone kalian merupakan iPhone Bundling atau Lock Operator atau tidak, maka kalian dapat melakukannya dengan sangat mudah.

Kalau begitu, langsung saja simak cara-caranya berikut ini.

Cara Cek iPhone Bundling/Lock Carrier atau Tidak

1. Buka aplikasi "Pengaturan" bawaan iPhone.

2. Selanjutnya masuk ke menu Umum > Mengenai.

3. Jika sudah, silakan cari dan perhatikan menu "Kunci Operator".


Jika menu "Kunci Operator" menampilkan status "Tidak ada pembatasan SIM" maka iPhone tersebut bukanlah iPhone Bundling atau iPhone Lock Carrier, sehingga kalian bisa secara bebas menggunakan kartu SIM atau jaringan seluler dari operator manapun.

Tetapi apabila menu "Kunci Operator" menampilkan nama operator jaringan seluler tertentu, maka kemungkinan iPhone kalian merupakan iPhone Bundling yang terkunci oleh operator yang tercantum tersebut.

Coba Kartu Lainnya

Jika iPhone kalian terindikasi merupakan iPhone Bundling, kalian bisa mencoba menggunakan kartu sim dari operator lainnya dan cek hasilnya.

Apabila tidak menemukan sinyal, maka kemungkinan besar iPhone tersebut adalah iPhone Bundling. Tetapi jika berfungsi, maka tidak.

Cek Pembelian iPhone

Biasanya iPhone Bundling atau Lock Carrier dijual langung oleh operator jaringan seluler yang menguncinya dengan tawaran paket layanan menarik.

Harganya pun terbilang cukup murah dibandingkan iPhone pada umumnya atau iPhone Unlock (bebas menggunakan jaringan dari operator manapun).

Nah, jika kalian membelinya dari operator jaringan seluler tertentu, hal ini semakin menguatkan jika iPhone tersebut merupakan iPhone Bundling atau Lock Carrier.

Penutup...

Nah, bagaimana? sudah tau kan cara cek apakah iPhone kalian merupakan iPhone Bundling maupun iPhone Lock Carrier atau Tidak?

Meskipun menawarkan harga yang murah dan paket yang menarik, namun akan ada cukup banyak kekurangan iPhone Lock Carrier dalam penggunaan jangka panjang yang mungkin akan kalian temui ke depannya.

Misalnya apabila ingin menggunakan jaringan dari operator lainnya atau ingin membawa iPhone tersebut ke luar negeri.