Cara Agar Speaker iPhone Lebih Jernih

Suara speaker iPhone terdengar sember atau tidak jernih? jika ya, pada postingan kali ini Admin akan membagikan tips agar suara speaker iPhone terdengar lebih jernih.


Namun sebelumnya, apa sih yang membuat speaker iPhone terdengar tidak jernih atau sember?

Umumnya disebabkan oleh tiga hal, yakni kotor atau tersumbat kotoran terutama debu, kemasukkan air, hingga kerusakan atau penurunan kualitas dari komponen speaker itu sendiri.

Nah, untuk mengatasinya langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

Bersihkan Speaker iPhone dengan Kuas

Area lubang seaker iPhone yang kotor seperti tersumbat debu atau kotoran kecil lainnya, akan membuat suara yang dihasilkan menjadi tidak maksimal atau terdengar sember bahkan pecah.

Untuk mengatasinya, silakan bersihkan lubang tersebut menggunakan kuas kecil dan halus.

Berikut contoh kuasnya:


Ya, kuas tersebut mirip dengan kuas yang digunakan untuk make up.

Namun ingat ya, bersihkan secara halus dan perlahan. Jangan ditekan terlalu kencang atau dalam karena dapat merusak lapisan luar speaker.

Bersihkan Speaker dengan Aplikasi


Kalian dapat memanfaatkan aplikasi Water Eject yakni aplikasi yang didesain untuk mengeluarkan air dari speaker iPhone. Cara ini sangat cocok dipadukan dengan cara pertama di atas.

Aplikasi Water Eject memanfaatkan dorongan dari gelobang suara yang dihasilkan oleh speaker. Dengan begitu air, debu, atau kotoran lainnya secara otomatis akan terdorong keluar.

Hasilnya? suara speaker akan kembali menjadi jernih lagi.

Untuk mencobanya, silakan download aplikasi tersebut melalui App Store atau klik link berikut: Water Eject ~ Speaker Cleaner

Atur Equalizer Musik

Bagi yang suka mendengarkan musik dari aplikasi Musik bawaan iPhone, kalian bisa mengatur efek suara (equalizer) untuk mendapatkan hasil suara yang lebih jernih sesuai selera.

Caranya mudah, silakan buka aplikasi Pengaturan > Musik > EQ.


Jika sudah, silakan atur efek musik sesuai dengan yang diinginkan.

Ingin pengaturan lebih lengkap? kalian bisa mencoba aplikasi equalizer pihak ketiga yang ada di App Store.

Penutup...

Meskipun sudah tergolong jernih, ketiga cara di atas dapat kalian coba untuk membuat speaker iPhone lebih jernih lagi.

Namun begitu, perlu kalian ketahui bahwa apabila suara speaker iPhone masih terdengar sangat sember atau pecah, ada kemungkinan komponen speaker di iPhone tersebut mengalami masalah.

Untuk mengatasinya, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke layanan perbaikan authorized Apple atau yang sudah terpercaya lainnya, agar dapat dilakukan pengecekan penyebab serta solusi mengatasinya.

Baik, itu saja informasi cara agar speaker iPhone lebih jernih yang dapat saya bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih!