Speaker Sebelah Kiri iPhone Mati?

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan jika speaker sebelah kiri bawah iPhone mati, tidak bunyi, atau tidak mengeluarkan suara.

Speaker kiri bawah yang mati tersebut seringkali dilaporkan terjadi di jajaran iPhone 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, SE Gen-2, 12, 12 mini, 12 Pro, 12 Pro Max, 13, 13 mini, 13 Pro, 13 Pro Max, SE Gen-3, 14, 14 Plus, 14 Pro, dan 14 Pro Max.


Lalu, kenapa serta apa penyebab speaker kiri iPhone mati? dan bagaimana solusi untuk mengatasi atau memperbaikinya?

Speaker Sebelah Kiri iPhone Mati?

Speaker sebelah kiri iPhone yang mati, tidak bunyi, atau tidak mengeluarkan suara adalah hal yang sangat normal.

Sebab apa yang kalian duga sebagai speaker sebelah kiri tersebut kenyataannya bukanlah sebuah speaker melainkan mikrofon.


Area sebelah kiri seperti yang ditampilkan gambar di atas adalah area mikrofon. Sedangkan area yang sebelah kanan barulah merupakan speaker.

Jadi, jika kalian menyangka speaker kiri tersebut mati, tidak bunyi, atau tidak mengeluarkan suara, maka hal ini sangat normal, karena sekali lagi lubang tersebut merupakan lubang mikrofon dan bukan speaker.

Apa Itu Mikrofon?

Mikrofon adalah komponen yang bertugas untuk menangkap atau merekam suara, misalnya saat melakukan perekaman video, panggilan telepon, dll.

Letak mikrofon di bagian bawah kiri iPhone bertujuan agar suara saat melakukan panggilan telepon dapat ditangkap dengan mudah serta menghasilkan suara yang keras dan jernih.

Perlu kalian ketahui juga bahwa iPhone sendiri memiliki cukup banyak lubang mikrofon.

Yakni yang berada di bawah kiri yang seringkali disangka speaker, di bagian atas dekat kamera depan (earpiece), serta bagian kamera belakang.


Penempatan tersebut bertujuan agar iPhone dapat menangkap suara lebih baik dari beragam arah.

iPhone Punya Dua Speaker

iPhone 6S dan lebih baru sudah dilengkapi dengan dua buah speaker utama (stereo). Yakni yang terletak di bagian atas atau earpiece dan bagian bawah kanan (ingat hanya kanan ya).


Dengan begitu, seharusnya kedua speaker tersebut akan mengeluarkan suara secara bersamaan entah saat memutar musik, video, dalam aplikasi atau game, dan lain sebagainya.

Penutup...

Jadi, intinya speaker sebelah kiri iPhone yang mati adalah hal yang normal dan bukan karena rusak. Lebih tepatnya, karena lubang yang dikira speaker tersebut bukanlah speaker melainkan merupakan mikrofon.

Berbeda cerita apabila ternyata lubang yang kanan yang merupakan speaker tidak mengeluarkan suara. Jika begitu maka hal ini dapat menunjukkan kerusakan pada speaker bawah iPhone tersebut.

Sedangkan untuk yang mengalami suara speaker bagian bawah atau atas lebih kecil atau lebih besar, coba cek menu keseimbangan audio melalui aplikasi Pengaturan > Akesibilitas > Audio/Visual lalu atur pada menu "KESEIMBANGAN".