iPhone Singapura Bisa Dipakai di Indonesia?

iPhone yang dipasarkan di dunia dibedakan berdasarkan wilayah pemasaran. Salah satu tujuannya untuk memisahkan aksesoris bawaan, mengikuti peraturan yang berlaku, serta proses klaim garansi.

Namun, cukup banyak pengguna yang bertanya-tanya, apakah iPhone Singapura bisa dipakai di Indonesia?

Sebab banyak pengguna yang masih ragu apabila jika dibawa ke Indonesia maka iPhone tersebut tidak akan berfungsi dengan baik.

iPhone Singapura Bisa Dipakai di Indonesia?


Tidak hanya iPhone dari Singapura bahkan seluruh iPhone yang berasal dari negara atau wilayah lainnya bisa digunakan di Indonesia.

Meski begitu, terdapat dua hal penting yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli, membawa, atau menggunakan iPhone yang berasal dari Singapura tersebut di Indonesia agar tidak menyesal nantinya.

Apa saja kah itu?

1. Pastikan iPhone Tidak Terikat Kontrak (Bundling)

iPhone Bundling adalah iPhone yang terikat kontrak dengan salah satu operator seluler yang mengikatkan kontraknya.

Akibatnya, iPhone tersebut hanya bisa menggunakan jaringan seluler dari operator yang mengikatkan kontraknya tersebut.

2. Jangan Lupa Daftar IMEI dan Bayar Pajak!

Bila ingin membawa iPhone tersebut masuk ke Indonesia, pastikan kalian mendaftarkan IMEI serta membayarkan pajaknya.

Jika tidak, maka IMEI pada iPhone tersebut akan diblokir atau masuk dalam daftar hitam (black list), sehingga iPhone tidak akan bisa menggunakan jaringan seluler dari penyedia atau operator seluler yang ada di Indonesia.

Bagaimana cara daftar IMEI? silakan tanyakan ke pihak bea dan cukai saat datang ke Indonesia atau silakan cek official website direktorat jenderal bea & cukai.

Penutup...


Salah satu asal iPhone yang harus kalian pertimbangkan yakni yang berasal dari Jepang dan Korea.

Mengapa? sebab iPhone yang dipasarkan khusus untuk kedua negara tersebut suara kameranya tidak bisa dimatikan (di-silent) karena alasan privasi.

Di sisi lain, dimulai dari jajaran iPhone 14 dan lebih baru, iPhone yang berasal dari Amerika Serikat tidak lagi mendukung kartu SIM fisik.

Jadi, pengguna harus beralih menggunakan kartu SIM Digital atau eSIM.

Nah, untuk iPhone yang berasal dari Singapura sendiri tidak memiliki kekurangan apapun yang perlu kalian khawatirkan ya.

Sehingga iPhone region Singapura tersebut bisa kalian gunakan dengan normal layaknya iPhone yang beredar di banyak negara lainnya.