Foto Sudah Dihapus Tapi Memori Masih Penuh di iPhone?

Banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan bahwa meskipun mereka telah menghapus banyak foto maupun video, namun penyimpanan iPhone tetap penuh.

Lalu, apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya penyebab dari masalah ini sangat sepele namun sepertinya masih cukup banyak pengguna yang belum mengetahuinya.

Baik, tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

Foto Sudah Dihapus Tapi Memori Masih Penuh di iPhone?


Perlu kalian ketahui bahwa foto maupun video yang sudah dihapus tidak langsung terhapus begitu saja. iPhone masih akan menyimpan foto atau video tersebut selama 30 hari sebelum dihapus secara permanen.

Tujuannya, apabila suatu saat kalian berubah pikiran maka foto atau video tersebut bisa dikembalikan lagi.

Nah, hal inilah yang membuat mengapa memori iPhone masih tetap penuh meskipun foto atau video di iPhone kalian sudah dihapus.

Namun, tidak perlu khawatir untuk mengatasinya kalian dapat menghapus foto atau video tersebut secara pemanen.

Berikut cara-caranya.

Cara Menghapus Foto dan Video di iPhone yang Belum Sepenuhnya Terhapus

1. Buka aplikasi "Foto" bawaan iPhone.

2. Kemudian masuk ke menu "Album" lalu cari dan pilih menu "Baru Dihapus".


3. Jika sudah, silakan hapus seluruh foto atau video tersebut dengan cara tap menu "Pilih" kemudian menu "Hapus Semua" lalu tap lagi menu "Hapus * Item".


4. Terakhir, silakan cek hasilnya.

Untuk melihat sisa kapasitas penyimpanan di iPhone kalian secara detail, silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone.

Atau, kalian juga bisa menemukannya pada menu Umum > Mengenai.

Bagaimana, apakah sudah berhasil? seharusnya begitu ya.

Apabila masih belum terlihat banyak perubahan kalian bisa mencoba me-restart iPhone. Sederhananya dengan mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali.

Hal ini akan membersihkan cache atau ruang penyimpanan yang digunakan oleh sistem iPhone.

Penutup...

Melalui iOS 16 Apple menyertakan fitur untuk mencari foto duplikasi yang dapat kalian manfaatkan untuk mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Meski begitu, terkadang menghapus foto atau video saja masih belum cukup. Beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai, mungkin dapat menempati banyak ruang penyimpanan, jadi disarankan untuk menghapus juga aplikasi atau game yang tidak terpakai lagi.

Selengkapnya, bisa kalian cek di sini: Penyimpanan iPhone Penuh Padahal Aplikasi Sedikit?

Baik, itu saja informasi seputar foto sudah dihapus tapi memori masih penuh di iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!