iPhone yang Bisa Muncul Suara Saat Dinyalakan/Matikan

Tahukah kalian jika iPhone bisa mengeluarkan suara ketika dinyalakan atau dimatikan? ya, bunyi atau suara tersebut disebut juga sebagai suara booting.

Sayangnya, suara booting tersebut tidak dimiliki oleh semua iPhone, khususnya iPhone-iPhone keluaran lama.

Di sisi lain, secara default suara tersebut juga tidak secara otomatis muncul sebab kalian harus mengaktifkannya secara manual terlebih dahulu.

Jadi, iPhone apa saja sih yang bisa muncul suara ketika dinyalakan atau matikan? berikut daftar selengkapnya.

iPhone yang Bisa Muncul Suara Saat Dinyalakan/Matikan


Berikut iPhone yang bisa muncul bunyi suara saat dinyalakan atau dimatikan (suara booting):

  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 14 Plus
  • iPhone 14

Ya, suara booting saat menyalakan ataupun mematikan iPhone pertama kali muncul di jajaran iPhone 14. Tepatnya iPhone dengan Chip Apple A15 Bionic terbaru yang digunakan oleh iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, serta Apple A16 Bionic yang digunakan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Bisa dibilang suara booting tersebut hanya tersedia di iPhone generasi yang lebih baru saja. Sebab suara booting iPhone ternyata tidak dihasilkan oleh sistem operasi melainkan datang dari bootrom yang disematkan pada Chip.

Apabila kalian salah satu pengguna iPhone yang sudah mendukung suara booting tersebut, kalian perlu mengaktifkannya secara manual melalui pengaturan aksesibilitas, sebab suara booting ini sebenarnya adalah fitur aksesibilitas.

Cara Mengaktifkan Suara Booting saat Menyalakan/Mematikan iPhone


1. Buka aplikasi "Pengaturan" bawaan iPhone.

2. Lalu masuk ke menu Aksesbilitas > Audio/Visual.

3. Kemudian aktifkan menu "Power On/Off Sounds"

Setelah itu ketika kalian akan mematikan atau menyalakannya iPhone, maka akan muncul bunyi suara booting yang mirip dengan suara booting pada Mac yang dikenal juga dengan "Boot Chime".

Penutup...

Pada dasarnya fitur suara booting iPhone diperuntukan untuk membantu pengguna dalam mengetahui iPhone mereka apakah sudah berhasil dinyalakan atau dimatikan.

Namun, di sisi lain fitur ini juga menjadi salah satu hal yang menarik di iPhone. Sebab, sejak dulu seperti yang kita ketahui bahwa iPhone sendiri tidak memiliki suara booting layaknya smartphone yang lain.

Nah, bagaimana menurut kalian, apakah iPhone kalian sudah bisa atau support untuk mengeluarkan suara booting?