Battery Health iPhone Tiba-Tiba Service?

Cukup banyak pengguna yang melaporkan jika Kesehatan Baterai atau Battery Health di iPhone mereka tiba-tiba menampilkan status "Service" atau "Servis".

Lalu, mengapa hal tersebut bisa terjadi? apa arti atau maksudnya? dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Penyebab Battery Health iPhone Tiba-Tiba Service


Terdapat dua penyebab utama Battery Health/Kesehatan Baterai iPhone tiba-tiba menampilkan status Service.

1. Battery Health Telah Menurun Drastis

iPhone secara otomatis akan menampilkan status Service/Servis apabila Battery Health atau Kesehatan Baterai iPhone yang telah menurun drastis umumnya di bawah 80%.

Tepatnya, ketika komponen baterai sudah tidak mampu menyalurkan daya dengan normal sehingga menyebabkan beragam masalah pada iPhone seperti boros, drop tiba-tiba, restart sendiri, ngelag, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan masalah baterai.

2. Komponen Baterai Tidak Resmi Apple

Mengganti komponen baterai iPhone dengan komponen baterai yang tidak resmi atau menggunakan alat dari Apple, akan menyebabkan pesan Service/Servis tersebut muncul.

Salah satu ciri-ciri utamanya yakni Battery Health yang masih tinggi (di atas 90%) namun sudah muncul pesan/tulisan Service/Servis tersebut.

Cara Mengatasi Battery Health iPhone Tiba-Tiba Service


Terdapat beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk mengatasinya tergantung penyebab awal pesan tersebut muncul.

Apabila disebabkan oleh Kesehatan Baterai/Battery Health yang telah menurun drastis (misalnya Kapasitas Maksimum telah menunjukkan angka di bawah 80%), maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengganti komponen baterai pada iPhone ke komponen baterai yang baru.

Dengan begitu fungsi dan performa iPhone akan kembali normal. Namun, pastikan untuk menggantinya melalui layanan perbaikan resmi Apple ya agar pesan tersebut tidak muncul lagi.

Di sisi lain, apabila baterai iPhone terdeteksi tidak asli bawaannya, maka kalian bisa mengabaikan pesan tersebut selagi tidak ada masalah pada baterai atau melakukan penggantian baterai ke layanan resmi Apple.

Apa Dampak Munculnya Pesan Service pada Baterai iPhone?


Sebenarnya tergantung penyebabnya, apabila diakibatkan oleh Battery Health/Kesehatan Baterai yang telah menurun drastis, hal ini pertanda baterai sudah tidak dapat berjalan dengan normal yang berdampak pada iPhone yang menjadi boros, drop tiba-tiba, penurunan performa (ngelag), restart sendiri karena tidak mampu menyalurkan daya dengan baik, hingga sulit dicharge.

Sedangkan, apabila diakibatkan oleh penggantian ke komponen baterai yang tidak resmi Apple, maka kalian akan terus melihat pesan tersebut ketika memeriksa Battery Health iPhone. Dampaknya tentu tergantung kualitas komponen baterai pengganti, apabila kualitasnya buruk, maka bisa saja iPhone tidak dapat berjalan dengan normal.

Penutup...

Pada intinya, apabila diakibatkan oleh Kesehatan Baterai yang telah menurun drastis atau biasanya di bawah 80%, maka kalian perlu mengganti komponen baterai tersebut ke yang baru.

Sedangkan apabila diakibatkan oleh penggantian ke komponen baterai yang tidak resmi Apple, maka kalian bisa mengabaikannya selagi tidak ada masalah atau menggantinya ke layanan perbaikan resmi Apple.