Cara Mengaktifkan Mode Developer/Pengembang di iPhone dan iPad

Melalui iOS 16 pengguna iPhone maupun iPad yang ingin mencoba aplikasi buatannya sendiri, menginstall aplikasi di luar App Store, hingga menginstall konfigurasi tertentu, diharuskan terlebih dahulu mengaktifkan "Developer Mode" atau "Mode Pengembang".


Dengan begitu aplikasi atau profil yang diinginkan bisa mendapatkan izin untuk menggunakan beragam fitur pada iPhone atau iPad.

Baik, tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-cara berikut untuk mengaktifkan "Developer Mode" atau "Mode Pengembang" di iPhone dan iPad.

Cara Mengaktifkan Developer Mode atau Mode Pengembang di iPhone dan iPad

Biasanya menu Developer Mode atau Mode Pengembang ini letaknya akan disembunyikan apabila iPhone tidak mendeteksi adanya aplikasi atau profil yang terinstall.

Untuk itu, silakan install/sideload terlebih dahulu aplikasi atau profil yang diinginkan. Jika sudah, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Buka aplikasi "Pengaturan" bawaan iPhone/iPad.

2. Kemudian masuk ke menu "Privasi & Keamanan".

3. Lalu usap ke atas kemudian cari dan pilih menu "Mode Pengembang".


4. Jika sudah silakan aktifkan "Mode Pengembang" dan kalian akan diminta untuk memulai ulang (restart) iPhone/iPad.


Nah, bagaimana, mudah bukan?

Perlu kalian ketahui bahwa mengaktifkan Developer Mode atau Mode Pengembang dapat menurunkan keamanan iPhone. Tepatnya, karena profil konfigurasi atau aplikasi di luar App Store yang terinstall dan belum terkualifikasi dapat menggunakan beragam fitur pada iPhone.

Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan aplikasi yang kalian install dari sumber tidak terpercaya tersebut, bisa saja menyisipkan malware.

Penutup...

Apple semakin meningkatkan keamanan iPhone dan iPad melalui iOS/iPadOS 16 yang mana profil serta aplikasi yang diinstall di luar App Store kini tidak bisa sembarangan berjalan dan menggunakan beragam fitur pada perangkat lagi.

Bagi yang ingin menginstall aplikasi yang sedang dikembangkan sendiri maka tentu tidak masalah, namun berhati-hatilah apabila kalian ingin menginstall profil konfigurasi atau aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya/jelas.

Oke, itu saja informasi cara mengaktifkan atau menyalakan Developer Mode atau Mode Pengembang di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih.