Cara Mengatasi Mode Pengembang Diperlukan di iPhone/iPad

Saat menginstall aplikasi pihak ketiga di luar App Store, apakah kalian mendapati bahwa aplikasi tersebut menampilkan pesan "Mode Pengembang Diperlukan" atau "Developer Mode Required" saat dibuka?


Jika ya, maka bisa Admin tebak jika iPhone atau iPad yang kalian gunakan sudah berada pada iOS/iPadOS 16 atau lebih baru.

Mengapa? sebab di iOS/iPadOS 16 dan lebih baru, pengguna iPhone atau iPad tidak bisa sembarangan lagi menginstall aplikasi di luar App Store. Kalian akan mendapati peringatan tersebut yang berisi pesan dapat melemahkan keamanan iPhone.

Namun, tidak perlu khawatir, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mengatasi pesan mode pengembang diperlukan tersebut, sehingga aplikasi dapat dibuka kembali.

Baik, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengatasi Mode Pengembang Diperlukan di iPhone/iPad

1. Buka aplikasi "Pengaturan" bawaan iPhone.

2. Kemudian masuk ke menu "Privasi & Keamanan".


3. Lalu cari dan pilih menu "Mode Pengembang".


4. Jika sudah, nyalakan "Mode Pengembang" kemudian pilih "Mulai Ulang" untuk me-restart iPhone.


5. Setelah restart, kalian mungkin akan diminta konfirmasi kembali apakah ingin tetap menyalakan Mode Pengembang tersebut atau tidak, pilih "Nyalakan" apabila sudah yakin.


6. Terakhir, silakan buka kembali aplikasi yang tidak bisa dibuka karena muncul pesan mode pengembang dan lihat hasilnya.

Apakah Mengaktifkan Mode Pengembang Berbahaya?

Dengan aktifnya "Mode Pengembang" iPhone atau iPad diizinkan untuk menginstall aplikasi di luar App Store yang tidak lolos uji keamanan.

Aplikasi di luar App Store berisiko tersisipi malware yang dapat merusak sistem iPhone atau bahkan mencuri data-data kalian.

Itulah sebabnya mengapa iPhone menambahkan fitur untuk membatasi instalasi aplikasi di luar App Store dengan Mode Pengembang ini.

Meski begitu, apabila kalian seorang developer aplikasi, maka Mode Pengembang tentu bukan menjadi masalah, sebab kalian seharusnya tau dengan aplikasi yang kalian buat sendiri ya.

Bagaimana Cara Mematikan fitur Mode Pengembang di iPhone/iPad?

Sama seperti menyalakan fitur Mode Pengembang, kalian hanya perlu mengikuti cara-cara berikut lagi:

1. Buka aplikasi "Pengaturan" bawaan iPhone.

2. Kemudian masuk ke menu "Privasi & Keamanan".

3. Lalu cari dan pilih menu "Mode Pengembang".

4. Jika sudah, matikan menu "Mode Pengembang".

Setelah fitur Mode Pengembang dimatikan, aplikasi di luar App Store yang diinstall dan memerlukan Mode Pengembang tidak akan bisa diakses ya.

Penutup...

Mode Pengembang ini merupakan salah satu cara Apple untuk melindungi iPhone atau iPad kalian dari aplikasi berbahaya.

Sebab, tidak sedikit pengguna yang mungkin secara tidak sadar telah menginstall aplikasi yang disusupi malware yang dapat mencuri data atau informasi di iPhone kalian. Di sisi lain, tidak menutup kemungkinan juga aplikasi tersebut dapat merusak sistem iPhone.

Jadi, bagi pengguna pada umumnya, disarankan untuk tetap menginstall aplikasi yang berasal dari App Store saja ya. Tak terkecuali kalian merupakan developer aplikasi atau sudah sangat paham dengan apa yang kalian lakukan.