Cara Melihat atau Cek GB iPhone dan iPad (Kapasitas Penyimpanan)

Ingin mengetahui berapa GB (Gigabyte) kapasitas di iPhone atau iPad kalian? jika ya, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara mudahnya.


Untuk saat ini GB (Gigabyte) adalah satuan ukuran kapasitas yang masih cukup banyak dimiliki oleh iPhone maupun iPad, mulai dari 64 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB, hingga yang sudah menggunakan satuan TB (Terabyte), umumnya 1 TB.

Oke, untuk mengetahui iPhone atau iPad kalian berapa GB atau bahkan TB? langsung saja cek cara-caranya di bawah berikut ini.

Cara Melihat atau Cek GB di iPhone dan iPad (Kapasitas Penyimpanan)

1. Buka aplikasi Pengaturan bawaan iPhone atau iPad kalian.

2. Kemudian, cari dan pilih menu "Umum".

3. Lalu menu "Mengenai".

4. Jika sudah, silakan cari dan perhatikan menu "Kapasitas".


Di sisi lain kalian juga bisa melihat sisa kapasitas penyimpanan yang tersedia melalui menu "Tersedia".

Untuk melihat atau cek aplikasi, file, atau data-data apa saja yang banyak menggunakan kapasitas penyimpanan di iPhone atau iPad kalian, silakan kembali ke menu "Umum" kemudian pilih menu "Kapasitas Penyimpanan".

Pada menu Kapasitas Penyimpanan tersebut kalian bisa menemukan beragam aplikasi yang banyak menggunakan ruang penyimpanan, termasuk kapasitas penyimpanan iPhone dan iPad beserta kapasitas yang sudah dipakai.


Sebagai informasi saja, sistem iPhone dan iPad, yakni iOS atau iPadOS, dapat menggunakan sekitar 6 GB sampai 10 GB kapasitas penyimpanan.

Jadi, apabila kalian memiliki iPhone atau iPad dengan kapasitas penyimpanan 128 GB, maka ruang penyimpanan yang tersedia akan dipotong sekitar 6 GB sampai 10 GB untuk keperluan sistem operasi atau sistem.

Apakah GB atau Kapasitas Penyimpanan iPhone Bisa Ditambah?

Sayangnya kapasitas penyimpanan iPhone atau iPad tidak bisa ditambah, entah itu melalui Micro SD Card atau media penyimpanan eksternal lainnya.

Meski begitu, kalian bisa memanfaatkan Micro SD Card atau beragam penyimpanan eksternal lainnya untuk keperluan backup, yakni cukup dengan menyambungkannya ke iPhone dan iPad melalui kabel data khusus, kemudian buka aplikasi "File" bawaan untuk melakukan backup atau transfer data.

Bagaimana Cara Agar Kapasitas Penyimapan iPhone dan iPad Tidak Cepat Penuh?

Hapus aplikasi, data, atau file yang sudah tidak diperlukan lagi atau silakan backup ke media penyimpanan lainnya seperti iCloud (online) atau hard drive eksternal.

Selain itu, beberapa aplikasi biasanya masih menyimpan sampah file yang sudah dihapus selama 30 - 40 hari. Jadi, setelah dihapus mungkin saja penyimpanan belum bertambah akibat file sampah tersebut.

Maka dari itu, setelah menghapus file seperti foto atau video, silakan cek dan kosongkan tempat sampahnya. Sebagai contoh, pada aplikasi Foto terdapat pada menu Album > Baru Dihapus.

Penutup...

Bagaimana, mudah bukan?

Ya, pada dasarnya terdapat beragam cara untuk melihat berapa GB kapasitas penyimpanan di iPhone dan iPad kalian.

Untuk ke depannya, bukan tidak mungkin satuan GB sudah tidak akan terpakai lagi digantikan oleh satuan TB. Namun, untuk cara cek atau melihatnya mungkin masih akan tetap sama tergantung perubahan pada iOS terbaru nantinya.

Oke, itu saja informasi cara melihat, cek, atau mengetahui GB atau kapasitas penyimpanan di iPhone dan iPad yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, jangan lupa tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih.