Cara Mematikan iPhone 13 Tanpa Touchscreen atau Menyentuh Layar

Kali ini saya akan membagikan cara mematikan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, serta iPhone 13 Pro Max tanpa perlu menyentuh layar alias tanpa touchscreen.


Cara-cara ini umumnya dapat kalian gunakan untuk memperbaiki iPhone yang tiba-tiba tidak bisa disentuh, tidak merespon, alias stuck atau ngehang, bahkan iPhone yang mati total tanpa sebab.

Oke, kalau begitu, langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut ini.

Cara Mematikan iPhone 13 Tanpa Touchscreen atau Menyentuh Layar

Lakukan dengan tempo perpindahan antar tombol dengan cepat ya!

  1. Tekan tombol "Volume Atas" lalu lepas.
  2. Tekan tombol "Volume Bawah" lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol "Power" hingga iPhone 13 mati kemudian menyala kembali alias restart.


Setelahnya iPhone 13 kalian akan kembali berfungsi dengan normal kembali, termausk sentuhan atau touchscreen-nya.

Tetapi, apabila iPhone tidak juga mati, coba ulangi cara-cara di atas hingga setidaknya 3 kali dengan jeda percobaan selama 5 detik.

Untuk mencegah iPhone 13 kalian mengalami masalah serupa, disarankan secara rutin untuk update ke iOS versi terbaru yang tersedia melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Penyebab iPhone 13 Tidak Bisa Disentuh (Touchscreen Tidak Berfungsi)

Terdapat dua penyebab utama yang menyebabkan touchscreen atau fungsi sentuh di layar iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, serta iPhone 13 Pro Max kalian tidak bisa berfungsi.

  • Disebabkan oleh Bug atau Kesalahan Sistem.
  • Disebabkan oleh benturan, kerusakan komponen, dll.

Penyebab yang pertama ini sangat umum terjadi dan bukanlah masalah yang serius sehingga dapat dengan mudah diatasi melalui cara Force Restart atau Restart Paksa seperti cara-cara di atas tadi.

Sedangkan, untuk penyebab yang kedua tidak bisa kalian perbaiki sendiri, terutama terjadi setelah iPhone terbentur atau terjatuh yang menyebabkan layar pecah, retak, dll.

iPhone 13 Masih Belum Berhasil Dimatikan?

Apabila setalah mengikuti cara-cara tadi (force restart/restart paksa) berulang kali namun Phone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, maupun iPhone 13 Pro Max kalian masih belum juga berhasil dimatikan, maka disarankan untuk menggaransikan iPhone apabila masih dalam masa garansi atau membawanya ke layanan perbaikan resmi Apple maupun yang sudah terpercaya lainnya.

Terutama, apabila masalah terjadi setelah iPhone terbentur, layarnya pecah atau retak, kemasukkan air, dan lain sebagainya.

Penutup...

Bagaimana, apakah sudah berhasil? seharusnya 99% sudah ya. Jika begitu, sekian postingan kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!