Cara Mematikan iPhone 12 Tanpa Menyentuh Layar atau Touchscreen

Pada postingan ini saya akan membagikan cara mematikan iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max tanpa menyentuh layar atau touchscreen.


Cara ini umumnya digunakan untuk mengatasi layar iPhone yang tiba-tiba tidak bisa disentuh alias touchscreennya tidak berfungsi.

Oke, tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung saja ikuti cara-cara melakukannya berikut ini.

Cara Mematikan iPhone 12 Tanpa Menyentuh Layar atau Touchscreen

Lakukan dengan Tempo Perpindahan Antar Tombol dengan Agak Cepat!

  1. Tekan tombol "Volume Atas" lalu lepas.
  2. Tekan tombol "Volume Bawah" lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol "Power" hingga layar iPhone 12 mati lalu menyala kembali atau restart.

Setelahnya restart selesai, seharusnya iPhone 12 kalian sudah bisa berfungsi dengan normal kembali, terutama untuk senturhan layar atau fungsi touchscreen.

Untuk mencegah maslaha serupa terulang lagi, disarankan secara rutin update ke iOS versi terbaru melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

iPhone 12 Masih Belum Berhasil Menyala?

Disarankan untuk mengulangi cara-cara di atas tadi hingga setidaknya 3 kali dengan tempo jeda antar percobaan 5 detik.

Apabila masih belum membuahkan hasil dan layar iPhone masih juga tidak bisa dimatikan, maka disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke layana perbaikan resmi Apple atau yang sudah terpercaya lainnya.

Di sisi lain, apabila kerusakan memang datang dari salah satu komponen iPhone, disarankan untuk menggaransikannya apabila masih dalam masa garansi.

Apa Penyebab Layar iPhone 12 Tiba-Tiba Tidak Bisa Disentuh?

Terdapat dua penyebab utama yang umumnya menyebabkan layar iPhone tiba-tiba tidak bisa disentuh atau touchscreen-nya tidak berfungsi.

1. Bug atau Kesalahan Sistem

Penyebab yang paling sering menyebabkan layar iPhone tiba-tiba tidak bisa disentuh adalah bug atau kesalahan sistem.

Penyebab ini menjadikan iPhone tidak bisa merespon apapun termasuk sentuhan bahkan beragam fungsi tombol.

2. Kerusakan iPhone (Terbentur)

Selanjutnya datang dari kerusakan pada salah satu komponen iPhone, khususnya apabila iPhone tersebut baru saja terbentur, terjatuh, atau bahkan terendam air dalam waktu yang cukup lama.

Di sisi lain, tidak menutup kemungkinan komponen iPhone mengalami kerusakan tanpa sebab yang jelas meski jarang terjadi.

Penutup...

Nah, bagaiamana, apakah sudah berhasil? Admin rasa 99% seharusnya berhasil ya.. tak terkecuali apabila layar yang tidak bisa disentuh tersebut diakibatkan oleh terbentur atau layar mengalami pecah maupun retak.

Oke, itu saja cara mematikan iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih.