Cara Mematikan iPhone 14 Tanpa Touchscreen atau Menyentuh Layar

Pada postingan ini, saya akan membagikan cara mematikan iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max tanpa touchscreen atau menyentuh layar.


Umumnya cara ini digunakan untuk memperbaiki apabila iPhone 14 kalian tiba-tiba tidak bisa disentuh atau tidak mau merespon apapun alias ngehang.

Baik, tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut ini.

Cara Mematikan iPhone 14 Tanpa Touchscreen atau Menyentuh Layar

Sebelum melanjutkan, lakukan cara-cara di bawah dengan tempo perpindahan antar tombol dengan cepat.

  1. Tekan tombol "Volume Atas" lalu segera lepas.
  2. Tekan tombol "Volume Bawah" lalu segera lepas.
  3. Kemudian Tekan dan Tahan terus tombol Power hingga iPhone 14 mati kemudian menyala lagi dan menampilkan logo Apple.


Disarankan untuk mengulangi cara-cara di atas sebanyak dua atau tiga kali (jeda 5 detik di setiap percobaan) apabila layar iPhone masih belum mati.

Apabila iPhone sudah berhasil mati dan menampilkan logo Apple, maka proses mematikan iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max tanpa touchscreen atau menyentuh layar sudah berhasil dilakukan.

Seharusnya setelah itu iPhone akan berfungsi kembali termasuk sudah bisa kembali disentuh.

Untuk mencegah masalah serupa terjadi lagi, disarankan rutin update ke iOS versi terbaru yang tersedia melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apa Penyebab iPhone Tidak Bisa Dimatikan (Touchscreen/Sentuhan Layar Tidak Berfungsi)

Umumnya layar iPhone yang tidak bisa dimatikan atau disentuh, disebabkan oleh bug atau kesalahan sistem.

Masalah yang diakibatkan oleh bug tersebut dapat dengan mudah diatasi dengan Restart Paksa atau Force Restart seperti cara di atas tadi.

Di sisi lain, penyebab kedua bisa datang akibat kerusakan pada layar atau iPhone itu sendiri. Umumnya akibat terjatuh, tebentur, kemasukan air, atau terjadi begitu saja tanpa sebab.

iPhone Masih Belum Juga Berhasil Dimatikan?

Apabila setelah menggunakan cara-cara di atas berulang kali namun iPhone 14 kalian tidak juga mati, ada kemungkinan besar masalah disebabkan oleh iPhone itu sendiri, dalam arti terdapat kerusakan pada salah satu komponen.

Hal ini umumnya terjadi setelah iPhone terbentur keras (layar pecah maupun retak) atau kemasukkan air. Meski dalam kasus yang cukup jarang, hal ini dapat terjadi tiba-tiba tanpa terlihat kerusakan fisik.

Jika sudah begitu, maka disarankan untuk membawa iPhone tersbeut untuk digaransikan apabila masih dalam masa garansi (ingat kerusakan fisik tidak ditanggung tak terkecuali menggunakan layanan Apple Care), atau silakan bawa ke layanan perbaikan resmi Apple maupun yang sudah terpercaya lainnya untuk diperbaiki.

Penutup...

Oke, itu saja cara mematikan iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max tanpa Touchscreen atau Menyentuh Layar.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih.