Cara Mematikan iPhone 8, X, XR, dan XS Tanpa Sentuh Layar

Pada postingan ini saya akan membagikan cara mematikan paksa iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max tanpa menyentuh layar atau tanpa touchscreen.


Cara ini umumnya digunakan untuk memperbaiki layar iPhone yang tiba-tiba tidak merespon sentuhan apapun, termasuk untuk memperbaiki juga iPhone yang mati total.

Oke, tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mematikan iPhone 8, X, XR, dan XS Tanpa Sentuh Layar

Lakukan cara berikut dengan tempo perpindahan antar tombol agak cepat!

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power hingga iPhone restart atau menampilkan logo Apple.


Apabila iPhone sudah berhasil restart dan menyala, seharusnya layar sudah kembali berfungsi dengan normal lagi, dalam arti sudah bisa disentuh.

Namun jika belum, disarankan untuk mencoba cara-cara di atas sampai setidaknya 2 atau 3 kali dengan jeda 5 detik antar percobaan ya.

Apa Penyebabnya?

Umumnya layar iPhone yang tidak bisa disentuh secara tiba-tiba disebabkan oleh bug atau kesalahan sistem.

Sedangkan untuk penyebab lainnya datang dari faktor eksternal, misalnya akibat terjatuh, terbentur, atau bahkan layar mengalami retak hingga pecah.

Nah, dari faktor eksternal ini, masalah layar yang tidak bisa disentuh biasanya tidak dapat diperbaiki dengan cara-cara di atas tadi.

iPhone Masih Belum Mati/Restart?

Jika iPhone masih belum juga berhasil mati atau restart, bahkan sudah dicoba hingga berkali-kali, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke layanan perbaikan resmi Apple atau yang sudah terpercaya lainnya.

Apabila masih dalam masa garansi, sebaiknya langsung saja diajukan proses klaim garansi sesuai ketentuan garansi iPhone tersebut.

Sebab ada kemungkinan besar kerusakan berasal dari salah satu komponen di dalam iPhone, entah itu layar atau beragam komponen lainnya. Terutama apabila masalah ini muncul setelah iPhone terjatuh, terendam air dalam waktu yang lama, atau beragam faktor eksternal lainnya.

Penutup...

Oke, itu saja cara mematikan iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max tanpa menyentuh layar atau tanpa touchscreen.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih!