Cara Agar Foto di iPhone Tidak Beruntun

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan jika saat mengambil foto secara otomatis iPhone mengambil foto Beruntun (Burst Photo), jika begitu pada postingan ini Admin akan membagikan cara-cara untuk mengatasinya.


Sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa Foto Beruntun adalah fitur yang memungkinkan kamera iPhone untuk mengambil banyak foto sekaligus banyak. Tujuannya agar kalian dapat memilih foto pada momen terbaik.

Namun, selain memakan banyak ruang penyimpanan, Foto Beruntun bisa dibilang cukup mengganggu karena kalian harus memilih satu dari sekian banyak foto yang tersedia.

Nah, untuk mengatasi agar foto di iPhone kalian tidak lagi beruntun, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Agar Foto di iPhone Tidak Beruntun

1. Jangan Tahan Tombol Jepretan (Shutter)

Ya, salah satu penyebab aktifnya fitur Foto Beruntun (khusus pengguna iOS 15 dan lebih lama) adalah kalian yang terlalu lama menekan tombol untuk mengambil Foto.

Jadi, khususnya bagi kalian pengguna iPhone dengan iOS 15 dan lebih lama, kalian cukup Tap saja dengan Cepat pada tombol untuk mengambil foto (tombol shutter). Ingat! jangan ditahan tombolnya ya..

2. Nonaktifkan Timer

Saat akan mengambil foto dengan Timer, secara otomatis iPhone akan mengambil Foto Beruntun.

Hal tersebut tidak dapat kalian atur atau matikan saat menggunakan Timer, jadi langkah terbaik adalah dengan menonaktifkan fitur Timer apabila dalam keadaan aktif.

Caranya, silakan tap atau cari menu Timer seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:


Jika sudah, silakan pilih menu "Timer Mati".

3. Jangan Tekan tombol Volume Atas

Di Pengaturan kamera iPhone terdapat pengaturan yang memungkinkan tombol Volume Atas digunakan sebagai tombol untuk mengambil Foto Beruntun.

Jadi jika kalian sering tidak sengaja menekan tombol Volume Atas saat ingin mengambil foto, kalian bisa menonaktifkannya melalui aplikasi Pengaturan > Kamera lalu matikan menu "Gunakan Volume Naik untuk Foto Beruntun".


4. Jangan Seret Tombol Jepretan (Shutter) ke Arah Kiri

Di iOS 16 dan lebih baru dengan menggeser tombol untuk mengambil foto (shutter) ke arah kiri, secara otomatis iPhone akan mengambil Foto Beruntun.

Jadi, jangan diseret ya, cukup tap dengan cepat dan jangan ditahan apalagi digeser.

Penutup...

Bagiamana, sudah tau kan cara mengambil foto di iPhone agar tidak secara otomatis menjadi foto beruntun?

Ya, kebanyakan kasus foto beruntun tidak sengaja terambil akibat salah dalam mencoba mengambil foto, hingga tidak sengaja mengaktifkan pengaturan seperti Timer yang secara otomatis mengaktifkan foto beruntun.

Oke, itu saja cara agar foto di iPhone (juga iPad) tidak beruntun. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih!