Cara Mengatasi iPhone Mati Saat Dicas

Cukup banyak pengguna yang melaporkan jika iPhone mereka tiba-tiba mati total sendiri saat sedang dicas. Namun kalian tidak perlu khawatir, sebab dalam kebanyakan kasus hal ini hanya disebabkan oleh masalah yang cukup sepele dan dapat kalian coba perbaiki sendiri.

Baik, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi iPhone Mati Saat Dicas


Cara ini berlaku di hampir semua iPhone, yakni mulai dari iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE Gen-2, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone SE Gen-3, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, dst.

1. Force Restart atau Restart Paksa iPhone

Cara ini digunakan untuk menghidupkan ulang iPhone mati total secara paksa yang diakibatkan oleh kesalahan sistem.

iPhone 8, X, XR, XS, 11, 12, 13, 14, SE 2/3, dan lebih baru:

  • Tekan tombol "Volume Atas" lalu segera lepas.
  • Tekan tombol "Volume Bawah" lalu segera lepas.
  • Tekan dan Tahan terus tombol "Power" hingga iPhone menyala atau menampilkan logo Apple.

Lakukan dengan tempo perpindahan tombol agak cepat, ulangi setidaknya 3 kali dengan jeda di setiap percobaan selama 5 detik.

iPhone 7 dan 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan terus tombol "Power" serta tombol "Volume Bawah" secara bersamaan hingga iPhone menyala atau menampilkan logo Apple.

iPhone SE, 6S, 6, 5S, dan lebih lama:

  • Tekan dan Tahan terus tombol "Power" serta tombol "Home" secara bersamaan hingga iPhone menyala atau menampilkan logo Apple.

2. Coba Charger Lainnya


Ada kemungkinan yang sangat besar jika Charger di iPhone kalian sebelumnya mengalami masalah sehingga tidak bisa menghantarkan daya dengan baik, sehingga menyebabkan daya baterai tidak terisi sehingga mengakibatkan iPhone mati total.

Untuk mengatasinya kalian cukup mencoba menggunakan charger yang baru.

3. Port Charger Kotor


Ya, cukup banyak ditemukan kasus iPhone yang mati saat dicas akibat daya yang tidak terisi dengan baik. Selain karena charger, hal ini umumnya disebabkan oleh kotoran atau debu yang menyumbat di dalam lubang port charger iPhone.

Solusinya, silakan cek lubang port charger iPhone kemudian bersihkan dengan tusuk gigi kayu secara perlahan apabila terdapat banyak debu atau kotoran yang menyumbat.

Apa Penyebab iPhone Mati Total Saat Dicas?


Penyebab umum iPhone mati total saat dicas yakni diakibatkan oleh kesalahan sistem, kerusakan charger, kotoran yang menyumbat pada port charger, hingga kerusakan yang datang dari salah satu komponen iPhone.

Ya, apabila cara-cara di atas sebelumnya tidak juga berhasil, entah itu sudah coba dilakukan Force Restart berulang kali, mencoba charger baru, membersihkan lubang port charger, namun hasilnya iPhone masih tidak menyala, maka ada kemungkinan besar penyebabnya datang dari salah satu komponen pada iPhone.

Komponen yang seringkali menyebabkan iPhone mati total adalah baterai, layar, hingga mesin.

Untuk mengatasinya, kalian perlu membawa iPhone tersebut ke layanan perbaikan resmi Apple terutama jika iPhone masih dalam masa garansi, atau ke layanan perbaikan yang telah terpercaya lainnya.

Penutup...

Jika beruntung, cukup banyak pengguna yang berhasil mengatasi masalah iPhone yang mati total saat dicas cukup dengan melakukan Force Restart, mencoba Charger lainnya, atau membersihkan lubang port charger iPhone.

Tetapi tidak sedikit juga kasus iPhone yang mati total ternyata disebabkan oleh kerusakan pada salah satu komponen, terutama komponen baterai terutama apabila dalam beberapa waktu terakhir iPhone sudah bermasalah akibat bateria, serta komponen layar atau mesin terutama setelah iPhone terbentur atau terjatuh sebelumnya.