AirDrop Tidak Terdeteksi atau Muncul di iPhone, iPad, dan Mac Lain

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan jika fitur AirDrop tidak dapat mendeteksi atau muncul iPhone, iPad, atau Mac lainnya. Seolah-olah fitur AirDrop tidak berfungsi sama sekali.

Namun tidak perlu khawatir sebab masalah ini dapat dengan sangat mudah diatasi.

Ya, sebenarnya cukup banyak pengguna iPhone dan iPad yang belum tahu jika fitur AirDrop memiliki batasan atau pengaturan yang harus diubah untuk dapat terdeteksi atau muncul di perangkat lainnya.

Berikut informasi selengkapnya!

Apa Penyebab AirDrop Tidak Terdeteksi atau Muncul di iPhone, iPad, dan Mac Lain?

AirDrop: Orang Tidak Ditemukan (Tidak ada orang di sekitar untuk berbagi.)

AirDrop yang tidak terdeteksi atau muncul di iPhone, iPad, serta Mac lain disebabkan oleh pengaturan bawaan AirDrop yang berada pada mode "Hanya Kontak".

Pada mode "Hanya Kontak" fitur AirDrop akan membatasi perangkat yang dapat terhubung khusus untuk perangkat yang email ID Apple-nya terdapat di kontak perangkat saja.

Dalam arti apabila email dari akun ID Apple si Pengirim tidak terdapat pada kontak perangkat si Penerima, maka si Pengirim tidak akan dapat menemukan atau mendeteksi AirDrop si Penerima.


Cara Agar AirDrop Dapat Terdeteksi di iPhone, iPad, atau Mac Lain

Cara paling mudah agar AirDrop iPhone, iPad, atau Mac dapat terdeteksi atau muncul di perangkat lainnya adalah dengan mengubah pengaturan AirDrop dari mode "Hanya Kontak" ke mode "Semua Orang".

Berikut cara-caranya:

Melalui Pengaturan:

1. Buka aplikasi "Pengaturan".

2. Kemudian masuk ke menu "Umum" lalu pilih lagi menu "AirDrop".

3. Jika sudah, silakan pilih menu "Semua Orang selama 10 menit".


Melalui Control Center:

1. Silakan buka atau akses Pusat Kontrol atau Control Center.

2. Kemudian tap dan tahan sembarang tempat di area Konektivitas.

3. Setelah itu pilih menu "AirDrop".


4. Jika sudah, silakan ubah ke menu "Semua Orang selama 10 Menit".


Setelah diubah ke "Semua Orang selama 10 Menit" maka AirDrop seharusnya akan muncul atau terdeteksi di iPhone, iPad, atau Mac lainnya.

Cara-cara ini dapat kalain gunakan untuk mengirim antara file sementara saja. Sedangkan bagi yang sering mengirim file antara perangkat, direkomendasikan untuk mengikuti cara-cara di bawah berikut.

Menambahkan Email ID Apple si Pengirim ke Kontak

Mengatur AirDrop untuk dapat menerima atau terdeteksi oleh seluruh perangkat Apple lainnya akan dibatasi selama 10 menit saja. Setelah itu pengaturan AirDrop secara otomatis akan berubah ke "Hanya Kontak".

Nah, apabila kalian sering berbagi file antar perangkat disarankan untuk menambahkan email ID Apple yang digunakan pada perangkat si Pengirim ataupun perangkat si Penerima ke dalam kontak masing-masing.


Email ID Apple bisa kalian temukan pada aplikasi Pengaturan > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian lalu cek email yang ada tepat di bawah nama ID Apple.

Dengan memasukkan email ID Apple perangkat yang akan bertukar file ke kontak masing-masing, kalian dapat dengan bebas mengirim file satu sama lain tanpa perlu repot-repot lagi mengubah pengaturan AirDrop ke "Semua Orang selama 10 Menit".

Cara Mematikan AirDrop

Ingin mematikan fitur AirDrop? caranya sangat mudah, kalian cukup masuk ke pengaturan AirDrop yang ada di Control Center atau melalui Pengaturan > Umum > AirDrop, kemudian pilih menu "Penerimaan Mati".


Selain itu, mematikan salah satu koneksi antara Bluetooth dan WiFi juga secara otomatis akan mematikan fitur AirDrop.


Penutup...

Nah, bagaimana, apakah setelah mengikuti cara-cara di atas AirDrop iPhone, iPad, atau Mac lain sudah bisa terdeteksi atau muncul? seharusnya sudah ya.

Untuk solusi sementara kalian bisa mengubahnya ke mode "Semua Orang selama 10 menit". Sedangkan bagi yang sering mengirim file antara perangkat, disarankan untuk menambahkan email ID Apple ke kontak pada perangkat masing-masing.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi atau memperbaiki AirDrop yang tidak terdeteksi, tidak muncul, tidak ketemu, atau tidak berfungsi di iPhone lain, iPad lain, atau Mac lain.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih!