Cara Mematikan AirDrop di iPhone dan iPad

AirDrop merupakan fitur yang berfungsi untuk mengirim beragam file termasuk foto dan video, khusus perangkat besutan Apple seperti iPhone, iPad, iPod touch, hingga Mac.


Namun, tidak sedikit pengguna iPhone atau iPad yang bingung sebab fitur AirDrop di iPhone atau iPad mereka terus menerus menyala dan selalu bisa dikirimi file dari perangkat lainnya.

Nah, jika begitu pada postingan ini Admin akan membagikan cara mematikan fitur AirDrop di iPhone dan iPad. Kalian bisa menyalakannya ketika dibutuhkan saja.

Berikut cara-caranya:

Cara Mematikan AirDrop di iPhone dan iPad

1. Buka Control Center atau Pusat Kontrol iPhone atau iPad.

2. Kemudian tap dan tahan pada area menu Konektivitas.

3. Selanjutnya tap pada icon atau menu "AirDrop".

4. Lalu pilih menu "Penerimaan Mati".


Jika sudah maka fitur AirDrop di iPhone atau iPad kalian sudah berhasil dimatikan.

Selain melalui Control Center kalian juga bisa mematikan fitur AirDrop melalui aplikasi Pengaturan, tepatnya melalui menu Umum > AirDrop.


Apa Arti Hanya Kontak dan Semua Orang selama 10 Menit?

Pada pengaturan AirDrop kalian akan menemukan beragam menu dengan fungsi sebagai berikut:

  • Penerimaan Mati merupakan pilihan yang digunakan untuk mematikan total fitur AirDrop.
  • Hanya Kontak merupakan pilihan yang mana AirDrop hanya dapat terhubung ke perangkat yang emailnya terdapat di kontak saja, tepatnya email iCloud si Penerima ada pada perangkat si Pengirim.
  • Semua Orang selama 10 Menit merupakan pilihan agar AirDrop dapat terhubung ke perangkat manapun, namun terbatas selama 10 menit saja (setelah 10 menit, alih-alih mati, AirDrop akan memasuki mode "Hanya Kontak").

Jadi, apabila kalian ingin mengirim file ke perangkat lainnya terutama perangkat kalian sendiri yang terdapat di kontak, kalian bisa tetap mengaktifkan menu Hanya Kontak.

Namun apabila ingin mengirim file ke perangkat di luar kontak (perangkat Apple lainnya), kalian perlu mengubah pengaturan AirDrop ke "Semua Orang selama 10 Menit" agar AirDrop dapat ditemukan dan terhubung.

Ingat, mematikan secara total koneksi WiFi atau Bluetooth (salah satu), secara otomatis akan mematikan fungsi AirDrop ya. Sebab AirDrop sendiri membutuhkan koneksi WiFi dan Bluetooth untuk dapat aktif dan terhubung.

Penutup...

Nah, bagaimana, apakah fitur AirDrop di iPhone dan iPad kalian sudah berhasil dimatikan? seharusnya sudah ya.

Oh ya, mematikan fitur AirDrop juga dapat mengurangi penggunaan baterai meski tidak signifikan ya.

Oke, itu saja informasi cara mematikan fitur AirDrop di iPhone dan iPad yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!