Apa Fungsi Menu Jaminan atau Coverage di iPhone dan iPad?

Pernahkah kalian menemukan menu "Jaminan" atau "Coverage" di dalam aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai di iPhone dan iPad kalian?

Sebelum menjawabnya perlu kalian ketahui bahwa menu tersebut sudah ada sejak iOS 13 dengan nama "Garansi Terbatas" atau berisikan tanggal. Sedangkan di iOS 16.4 dan lebih baru, menu tersebut berubah nama menjadi "Jaminan" atau "Coverage".

Oh ya, bukan hanya iPhone dan iPad saja, menu tersebut juga terdapat di beragam produk Apple lainnya seperti Apple Watch, AirPods, hingga Mac.

Lalu, apa sih fungsi dari menu tersebut?

Apa Fungsi Menu Jaminan atau Coverage di iPhone dan iPad?


Menu Jaminan atau Coverage di iPhone dan iPad adalah menu yang digunakan untuk melihat status garansi resmi yang diberikan oleh Apple untuk iPhone dan iPad tersebut.

Apabila iPhone dan iPad masih dalam masa garansi maka akan tampil menu "Garansi Terbatas" dengan tanggal masa garansi akan berakhir.

Sedangkan apabila garansi iPhone dan iPad telah berakhir maka akan tampil menu "Perlindungan Berakhir".

Apa itu Garansi di iPhone dan iPad?

Garansi di iPhone atau iPad adalah jaminan fungsi perangkat dalam jangka waktu 1 tahun yang diberikan oleh Apple secara gratis.

Apabila dalam jangka waktu 1 tahun iPhone atau iPad mengalami masalah atau kerusakan, kalian dapat melakukan proses penukaran (klaim) iPhone maupun iPad yang rusak tersebut agar diganti ke yang unit yang baru atau unit yang berfungsi normal, tanpa dipungut biaya apapun.

Jadi, dengan adanya garansi kalian tidak perlu khawatir apabila iPhone atau iPad mengalami kerusakan selama bukan karena kesalahan pengguna.

Namun ingat, garansi ini hanya berlaku selama 1 tahun sejak perangkat pertama kali diaktifkan ya.

Garansi yang Tidak Berlaku Karena Kesalahan Pengguna


Kerusakan pada iPhone atau iPad yang diakibatkan oleh kesalahan pengguna (human error) seperti retak atau pecah akibat terbentur, kemasukkan air, modifikasi sistem atau jailbreak, serta beragam kerusakan akibat kesalahan pengguna lainnya, tidak tercakup dalam garansi atau jaminan.

Garansi atau jaminan 1 tahun hanya mencakup kerusakan yang terjadi akibat kesalahan pabrik.

Apabila khawatir, di sisi lain terdapat juga layanan AppleCare+ dari Apple, yakni layanan jaminan tambahan yang dapat kalian beli untuk berjaga-jaga apabila iPhone atau iPad kalian mengalami kerusakan akibat kesalahan pengguna atau bahkan akibat kehilangan.

Walaupun layanan AppleCare+ sebenarnya juga tidak menjamin total biaya kerusakan atau ganti rugi akibat kehilangan.

Menu Jaminan atau Coverage Tidak Muncul?

Agar menu "Jaminan" atau "Coverage" yang ada di dalam aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai bisa tampil, pastikan iPhone telah terhubung ke jaringan internet atau sudah login ke ID Apple.

Dibutuhkan setidaknya iOS 13 atau lebih baru untuk melihat status garansi langsung melalui aplikasi Pengaturan iPhone atau iPad.

Penutup...

Nah, bagaimana, sudah tau kan fungsi menu "Jaminan" atau "Coverage" yang terdapat di aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai?

Ya, menu tersebut digunakan untuk melihat status garansi atau jaminan resmi, serta layanan AppleCare+ bagi kalian yang menggunakannya ya.

Dengan adanya menu tersebut kalian tidak perlu repot-repot lagi cek garansi melalui nomor seri yang nantinya harus dimasukkan secara manual ke situs yang disediakan oleh Apple, tak terkecuali apabila perangkat dalam keadaan nonaktif atau mati total.

Oke, itu saja informasi seputar fungsi, arti, serta maskud dari menu Jaminan atau Coverage di iPhone dan iPad yang dapat saya bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih!