Menu Jaminan atau Coverage di iPhone dan iPad Tidak Muncul

Menu "Jaminan" atau "Coverage" di iPhone atau iPad tidak muncul atau tidak ada? jika begitu, pada postingan ini saya akan membagikan penyebab serta cara menampilkannya.


Bagi yang belum tahu, menu "Jaminan" atau "Coverage" (sebelumnya di iOS 16.3 dan lebih lama menu "Garansi Terbatas" atau "Limited Warranty") adalah menu yang digunakan untuk memeriksa sisa masa garansi iPhone atau iPad.

Nah, tidak sedikit pengguna iPhone dan iPad yang tidak dapat menemukan menu tersebut alias hilang atau tidak ada.

Lalu bagaimana apa penyebabnya dan bagaimana cara menampilkannya?

Cara Menampilkan Menu Jaminan atau Coverage di iPhone dan iPad

Perlu kalian ketahui bahwa menu "Jaminan" atau "Coverage" (di iOS 16.3 dan lebih lama yakni menu "Garansi Terbatas" atau "Limited Warranty") hanya terdapat mulai dari iOS 13 dan lebih baru saja.

Menu tersebut dapat kalian temukan di aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai.


Namun, apabila masih tidak ditemukan, untuk menampilkannya kalian perlu memastikan jika iPhone atau iPad telah memiliki atau login ke akun ID Apple serta terhubung ke jaringan internet.

Di sisi lain, mungkin butuh waktu beberapa detik sampai menu "Jaminan" atau "Coverage" tersebut muncul.

Singkatnya yang perlu kalian lakukan untuk menampilkan menu "Jaminan" atau "Coverage" adalah:

  • Pastikan perangkat sudah login atau memiliki akun ID Apple.
  • Terhubung ke internet.
  • Menggunakan setidaknya iOS 13 dan lebih baru.

Setelah syarat terpenuhi, menu "Jaminan" atau "Coverage" seharusnya akan segera tampil.

Muncul menu Perlindungan Berakhir?

Apabila dalam menu "Jaminan" atau "Coverage" tersebut iPhone atau iPad menampilkan status "Perlindungan Berakhir" atau "Coverage Expired", hal ini menandakan jika iPhone atau iPad kalian sudah tidak lagi dalam masa garansi.


Ya, iPhone atau iPad memiliki garansi terbatas selama 1 tahun sejak pertama kali diaktifkan. Setelah masa garansi berakhir, iPhone akan menampilkan status tersebut alih-alih menampilkan tanggal garansi. Tak terkecuali kalian memperpanjang garansi dengan membeli layanan Apple Care.

Cara Cek Garansi iPhone atau iPad Menggunakan Nomor Seri?

Untuk cek garansi iPhone menggunakan IMEI, kalian cukup tap dan tahan menu nomor seri perangkat yang ada di aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai, kemudian tap menu Salin. 

Jika sudah, silakan tempel nomor seri tersebut ke dalam website resmi Apple berikut: https://checkcoverage.apple.com/

Penutup...

Nah, bagaimana, apakah sekarang menu "Jaminan" atau "Coverage" (sebelumnya "Perlindungan Berakhir" atau "Coverage Expired") sudah tampil? seharusnya dengan mengikuti langkah-langkah di atas sudah ya.

Cara yang sama dapat juga kalian terapkan juga untuk mengatasi masalah yang sama untuk Apple Watch, AirPods, dan beragam produk Apple lainnya.

Oke, itu saja informasi seputar cara menampilkan menu "Jaminan" atau "Coverage" di iPhone dan iPad yang tidak muncul, tidak tampil, atau tidak ada.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih!