iPhone yang Ada Fitur Mode Aksi atau Action Mode

Mode Aksi atau Action Mode adalah salah satu fitur kamera terbaru iPhone yang digunakan untuk menstabilkan atau mengurangi guncangan tangan secara signifikan saat melakukan perekaman video.

Sebagai contoh, ketika akan melakukan perekaman video yang mengharuskan kalian untuk ikut juga bergerak atau berlari mengikuti objek yang akan direkam, maka Mode Aksi akan mengurangi secara signifikan guncangan yang terjadi.

Meski sebenarnya kamera kebanyakan model iPhone terbaru saat ini sudah memiliki mekanisme untuk menstabilkan guncangan, namun dengan Mode Aksi perekaman akan jauh lebih stabil lagi.


Sayangnya, perlu kalian ketahui tidak semua iPhone memiliki fitur Mode Aksi atau Action Mode ini.

Bagi yang penasaran, berikut daftar iPhone yang ada atau mempunyai fitur kamera Mode Aksi atau Action Mode:

iPhone yang Ada Fitur Mode Aksi atau Action Mode

Beriktu daftar iPhone yang ada, punya, atau memiliki fitur Kamera Mode Aksi atau Action Mode:

  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 14 Plus
  • iPhone 14

Ya, berkat teknologi sensor stabilisasi sensor generasi ke dua, fitur kamera Mode Aksi atau Action Mode hanya dimiliki mulai dari jajaran iPhone 14 saja.

Sedangkan iPhone yang lebih lama seperti iPhone 13 Pro Max, iPhone 13 Pro, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone SE Gen-3, iPhone 12 Pro Max, iPhone 12 Pro, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone SE Gen-2, iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11, iPhone XS Max, iPhone XS, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8 Plus, iPhone 8, dan lebih lama lainnya, tidak memiliki fitur Mode Aksi atau Action Mode.

Cara Menggunakan Mode Aksi atau Action Mode di iPhone

1. Buka aplikasi Kamera iPhone.

2. Kemudian masuk ke menu Perekaman Video.

3. Jika sudah, tap icon "Mode Aksi" atau "Action Mode" yang ada di menu atas layar. Berikut contohnya:

Sumber gambar: support.apple.com

Namun ingat, fitur Mode Aksi atau Action Mode akan bekerja optimal dalam kondisi pencahayaan yang terang. Jika tidak, maka kamera akan menampilkan pesan "Diperlukan lebih banyak cahaya".

Kalian juga bisa menggunakan fitur Mode Aksi atau Action Mode pada mode gelap dengan mengaturnya melalui aplikasi Pengaturan > Kamera > Rekam Video lalu nyalakan "Mode Aksi Rendah Cahaya".

Penutup...

Nah, sudah tahu kan iPhone apa saja yang punya fitur Mode Aksi atau Action Mode?

Bagi sebagian besar pengguna mungkin fitur ini sangat membantu, terutama bagi yang suka merekam aksi dengan gerakan yang cepat dan ekstrem seperti saat sedang berlari.

Walau begitu, iPhone lainnya yang lebih lama yang tidak mendapatkan fitur Mode Aksi atau Action Mode ini, sebenarnya sudah cukup mumpuni juga dalam menstabilkan guncangan saat merekam video.

Jadi, tertarik untuk beralih ke jajaran iPhone 14 atau sudah mempunyainya? bagaimana menurut kalian?