Cara Ubah/Convert Video MOV ke MP4 di iPhone dengan Aplikasi VN

Pada postingan ini, saya akan membagikan cara mudah mengubah atau convert video di iPhone dan iPad dari .MOV ke .MP4.


Namun begitu, karena iPhone atau iPad sendiri sampai postingan ini ditulis belum memiliki fitur bawaan yang dapat mengubah atau convert format .MOV ke .MP4, di sini kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi VN.

Nah, tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Ubah/Convert Video MOV ke MP4 di iPhone dengan Aplikasi VN

TUTORIAL VIDEO, CEK DI SINI: https://youtu.be/35gWazY3AMA

1. Silakan download dan install terlebih dahulu aplikasi VN melalui App Store (Gratis) atau klik link berikut: VN Video Editor

2. Jika sudah, langsung saja buka aplikasi VN, lalu tambahkan project baru dengan cara tap icon tanda tambah "+", kemudian pilih "New Project".


2. Selanjutnya, pilih video yang akan diubah ke .MP4 lalu tap icon selanjutnya.


3. Nah, karena di sini aplikasi VN secara otomatis menambahkan video penutup, kalian perlu menghapusnya sebelum melanjutkan. Caranya, pada track video, silakan ke bagian paling akhir, lalu tap video penutup yang secara otomatis ditambahkan, lalu tap hapus.


4. Jika sudah, langsung saja tap menu Tindakan seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut:


5. Lalu pastikan pengaturan video telah berada pada menu "Otomatis". Jika sudah, tap menu "Selesai" dan tunggu hingga proses convertnya selesai.


6. Setelah selesai, tap menu "Simpan Saja"


7. Terakhir, cek aplikasi galeri foto kalian dan lihat hasilnya. Video baru akan disimpan dalam format H.264 yakni MP4.


Namun, perlu kalian ketahui bahwa format .MP4 memiliki ukuran yang jauh lebih besar (bahkan hingga 2 kali lipat) dibandingkan format default kamera iPhone (MOV).

Meski begitu, format .MP4 sendiri memiliki kompatibilitas yang tinggi dan dapat diputar di hampir seluruh platform. Berbeda dengan format .MOV yang memiliki kompatibiltas yang terbatas, terutama di luar ekosistem Apple.

Tutorial Video:


Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian? mudah bukan?

Ya, kalian dapat dengan sangat mudah mengubah format video bawaan kamera iPhone atau iPad (.MOV) ke format video (.MP4) yang kompatibel di hampir beragam platform.

Sayangnya, selain ukuran video yang akan membengkak, diperlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan proses convert pada iPhone atau iPad dengan performa yang lambat atau video memiliki ukuran dan resolusi yang cukup besar.