Battery Health iPhone Setelah 1 atau 2 Tahun Normalnya Turun Berapa Persen?

Tidak sedikit pengguna iPhone yang bertanya-tanya soal waktu normal penurunan Battery Health iPhone yang normal setelah setahun atau dua tahun pemakaian.

Dalam arti, setelah 1 tahun atau 2 tahun pemakaian, berapa normalnya Battery Health iPhone berkurang?

Berikut informasinya!

Battery Health iPhone Setelah 1 atau 2 Tahun, Normalnya Turun Berapa Persen?


Normalnya setelah 1 tahun penggunaan normal setiap hari, Battery Health atau Kesehatan Baterai iPhone akan turun mulai dari 5% sampai 10%. Sedangkan dalam waktu 2 tahun turun sekitar 15% sampai 20%.

Namun ingat ya, penurunan Battery Health atau Kesehatan Baterai iPhone sangat dipengaruhi oleh beragam faktor.

Contohnya seperti lama waktu penggunaan setiap harinya, kapasitas baterai, suhu baterai, perawatan yang sudah dilakukan, serta kualitas charger yang digunakan.

Battery Health Di-Desain Turun Sekitar 10% Setiap Tahun?


Merujuk dari halaman bantuan resmi Apple, dikatakan jika baterai iPhone normalnya didesain untuk menyimpan hingga 80% kapasitas aslinya pada 500 siklus pengisian daya lengkap.

Total 100% daya baterai yang terisi dihitung 1 siklus. Misalnya, pagi baterai iPhone diisi 70% dan malamnya 30% dengan total 100% yang berarti sudah dapat dihitung sebagai 1 siklus pengisian daya lengkap.

Umumnya pengguna seringkali mengisi daya baterai iPhone mereka sebanyak 1 kali sehari sebanyak 70% sampai 100% total daya yang terisi atau sekitar 2 siklus lengkap setiap dua sampai tiga hari.

Itu artinya, dalam kurun waktu satu tahun diperkirakan rata-rata jumlah siklus pengisian daya dapat mencapai kurang-lebih 250 kali. Sedangkan untuk waktu dua tahun kurang-lebih dapat mencapai 500 kali.

Namun ingat ya, hal ini hanya diperhitungkan dari sisi siklus pengisian daya saja. Pada dasarnya, terdapat banyak faktor lainnya yang sangat mempengaruhi penurunan Battery Health.

Baterai Perlu Diganti Setelah Battery Health Mencapai 80%


Pada kebanyakan kasus komponen Baterai iPhone perlu segera diganti ketika sudah mencapai 80% atau lebih rendah.

Saat berada pada angka 80% dan lebih rendah, biasanya baterai akan mengalami beragam penurunan kualitas dan kinerja.

Dalam jangka panjangnya, kalian juga akan merasakan jika baterai menjadi sangat boros, iPhone ngelag, daya baterai drop tiba-tiba, cepat panas, sulit diisi atau menyimpan daya, bahkan dapat menyebabkan iPhone sering restart sendiri yang dapat berujung mati total.

Faktor yang Mempengaruhi Battery Health iPhone Turun


1. Siklus Pengisian Daya.

Semakin sering atau semakin banyak jumlah total baterai sudah diisi daya (dicas) maka pertanda Battery Health akan semakin menurun.

2. Kapasitas Baterai.

Semakin besar kapasitas baterai maka baterai iPhone semakin awet dan jarang dicas sehingga mengurangi siklus pengisian daya.

3. Perawatan.

Salah satu contoh merawat Battery Health iPhone agar tidak cepat menurun adalah dengan membatasi pengisian daya hingga 80% saja.

Mengapa? sebab tingkat keausan bahan kimia baterai akan semakin terkikis jauh saat berada di atas 80%.

4. Suhu Baterai.

Seringnya suhu baterai atau iPhone menjadi cukup panas dapat mempercepat penurunan Battery Health secara signifikan.

Bahkan dalam kasus panas yang ekstrem dapat merusak komponen baterai itu sendiri.

5. Kualitas Charger.

Menggunakan charger bekualitas rendah dapat mempercepat penurunan Battery Health bahkan berpotensi merusak baterai.

Tidak sedikit kasus baterai iPhone yang meledak akibat penggunaan charger yang berkualitas rendah.

6. Bug.

Ya, yang terakhir ada Bug atau Kesalahan Sistem. Sebenarnya hal ini bukan menjadi faktor nyata dari penurunan Battery Health, namun terkadang sistem salah membaca kondisi baterai sehingga laporan Battery Health tidak akurat dan tertahan atau stuck selama berbulan-bulan.

Biasanya setelah update ke iOS versi terbaru, sistem mulai membaca kembali Battery Health yang sesungguhnya dan didapatilah angka Battery Health yang tiba-tiba telah turun jauh.

Cara Memperlambat Penurunan Battery Health iPhone


Battery Health atau Kesehatan Baterai iPhone tidak dapat dicegah untuk tidak turun. Bahkan walaupun tidak digunakan sama sekali, Battery Health akan tetap turun seiring waktu meski sangat lambat, dan akan mengalami kerusakan jika tetap juga tidak digunakan dalam waktu yang sangat lama.

Hal inilah yang seringkali menyebabkan banyak pengguna yang membeli iPhone stok lama yang mendapati jika Battery Health iPhone tidak lagi benar-benar 100%. Ya, karena selama disimpan Battery Health tetap bisa turun.

Nah, yang dapat kalian lakukan adalah dengan mencegah agar penurunan Battery Health tersebut berjalan lambat. Setidaknya bisa bertahan hingga satu setengah atau bahkan dua kali lipat lebih lama sebelum perlu diganti.

Caranya cukup sederhana, yakni:

  • Selalu gunakan charger yang asli dan berkualitas.
  • Gunakan iPhone sebisa mungkin di ruangan yang sejuk.
  • Bila sedang tidak diperlukan, disarankan untuk membatasi pengisian daya sampai 80% saja.
  • Hindari menggunakan sampai baterai iPhone benar-benar kosong.
  • Disarankan untuk segera charge iPhone apabila sudah menyentuh angka 20%.
  • Jangan gunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge.
  • Hapus aplikasi dan data-data yang tidak lagi digunakan.
  • Gunakan mode daya rendah untuk menghemat penggunaan baterai.
  • Rutin update ke iOS versi terbaru yang tersedia.

Pada akhirnya, setelah nanti hampir mencapai 80% pertimbangkan untuk segera mengganti komponen baterai iPhone ke yang baru ya! tertuama apabila sudah muncul beragam efek yang berkaitan dengan baterai.

Penutup...

Bagaimana, sudah tau kan kira-kira dalam setahun atau dua tahun kira-kira berapa banyak normalnya Battery Health atau Kesehatan Baterai iPhone turun?

Ya, normalnya 5% sampai 10% setiap tahun meski bisa juga kurang dari itu tergantung beragam faktor yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Oke, itu saja informasi seputar penurunan normal Battery Health atau Kesehatan Baterai iPhone Setelah 1 atau 2 tahun penggunaan yang dapat saya bagikan.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih.