Kenapa iPhone Baru Cepat Panas? Apakah Normal?

Cukup banyak pengguna iPhone yang mendapati jika iPhone baru mereka cepat panas atau mudah sekali panas. Terutama jika dibandingkan dengan yang lainnya entah itu punya teman, saudara, atau mungkin iPhone lainnya punya kalian sendiri.

Lalu, apakah iPhone baru yang cepat panas tersebut adalah hal yang normal? atau apakah hal tersebut menandakan gejala kerusakan? berikut informasi selengkapnya!

Kenapa iPhone Baru Cepat Panas?


iPhone baru yang cepat panas sebenarnya adalah hal yang sangat normal, sebab saat pertama kali digunakan atau diaktifkan iPhone akan memulai proses penyesuaian dengan pengaturan baru.

Misalnya penyesuaian data antara iPhone dan iCloud, indeks data-data baru, hingga penyesuaian dengan sistem iOS baru.

Proses penyesuaian tersebut biasanya dapat memakan waktu hingga berhari-hari atau kurang lebih satu minggu. 

Nah, selama proses penyesuaian berlangsung yang perlu kalian lakukan hanyalah tetap menggunakan iPhone tersebut seperti biasa. Selain itu, hindari menggunakan iPhone secara berlebihan saat sedang dicas.

Di sisi lain, apabila panas yang dirasakan sudah terlalu tinggi hal ini juga dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti kondisi ruangan yang panas. Jika begitu, kalian bisa mencoba melepas sementara case iPhone atau menggunakannya di area yang lebih sejuk.

iPhone Cepat Panas dan Tidak Kunjung Mereda?


Apabila iPhone yang cepat panas sudah berlangsung cukup lama misalnya lebih dari 1 atau 2 minggu, kalian bisa mencoba beberapa cara-cara berikut untuk mengatasinya:

1. Restart iPhone

Sederhananya kalian cukup mematikan iPhone lalu menyalakannya kembali. Atau, silakan ikuti metode Force Restart berikut (lakukan dengan tempo perpindahan tombol agak cepat):

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power hingga iPhone mati atau restart.

Cara ini akan menyegarkan kembali sistem iPhone yang sebelumnya mungkin mengalami bug sehingga menyebabkan panas berlebih.

2. Aktifkan Mode Daya Rendah

Mode daya rendah digunakan untuk membatasi beragam proses yang dapat menguras daya dan kinerja, serta mengurangi performa dan kecerahan maksimal layar.

Untuk mengaktifkannya kalian bisa melalui icon baterai yang ada di control center atau silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai.

Cara ini bisa dikatakan cukup ampuh dalam mengurangi panas berlebih pada iPhone terutama saat sedang bekerja keras seperti menjalankan game.

3. Update ke iOS versi Terbaru

Apabila kedua cara di atas tadi masih kurang efektif, coba cek ketersediaan update iOS terbaru dan lakukan update jika memang sudah tersedia.

Untuk melakukannya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

4. Gunakan iPhone di Tempat yang Sejuk

Disarankan untuk menggunakan iPhone di tempat yang sejuk serta hindari terlalu lama membiarkan iPhone terpapar sinar matahari langsung. Terutama saat mengoperasikan iPhone untuk beragam aktivitas berat seperti bermain game, video call, atau merekam video dengan resolusi tinggi.

5. Batasi Penggunaan Fast Charging

Mengisi daya iPhone dengan Fast Charger akan mengaktifkan fitur Fast Charging yang jauh akan mempercepat proses pengisian daya. Meski begitu hal ini juga akan membuat iPhone menjadi lebih cepat panas.

Jadi sangat tidak disarankan untuk menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge apalagi menggunakan fast charging ya.

6. Cek Kesehatan Baterai

Cek apakah kesehatan baterai iPhone berada di angka yang normal atau tidak, melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Umumnya iPhone yang masih benar-benar baru memiliki kapasitas maksimum 100%.

Apabila sudah menurun jauh di bawah 100% padahal baru digunakan selama beberapa hari atau minggu, kemungkinan besar baterai bermasalah atau cacat bawaan pabrik.

Perlu kalian ketahui bahwa untuk penggunaan normal, kapasitas maksimum baterai biasanya berkurang secara perlahan-lahan sekitar 5% sampai 10% setiap tahunnya.

Solusi Terkhir...


Apabila cara-cara di atas tidak satupun yang membuahkan hasil, dan iPhone kalian masih tetap panas tanpa sebab yang jelas bahkan muncul notifikasi iPhone yang terlalu panas atau pengisian daya ditahan, dan hal ini telah terjadi selama lebih dari dua minggu, maka disarankan untuk menggaransikan iPhone tersebut.

Ya, tidak perlu khawatir, iPhone baru memiliki garansi resmi dari Apple selama tahun.

Dalam jangka waktu satu tahun tersebut apabila iPhone mengalami kerusakan (di luar human error) maka kalian bisa menggaransikannya untuk diperbaiki, ditukar unit, atau bahkan digarti ke unit baru.

Penutup...

Pada dasarnya iPhone baru yang mengalami panas adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Hal yang sama sebenarnya terjadi juga setelah update ke iOS versi terbaru, terutama generasi iOS baru (misalnya dari iOS 15 ke iOS 16).

Yang perlu kalian lakukan adalah bersabar dan tetap menggunakan iPhone tersebut seperti biasa. Lama kelamaan gejala cepat panas seharunya akan berangsur-angsur membaik dengan sendiri.

Namun, jika didapati panas yang tidak normal dan sudah berlangsung sangat lama, kalian bisa mencoba menggaransikannya selama masih dalam masa garansi.