Cara Menghilangkan Typo di iPhone

Sering typo atau salah ketik di iPhone? jika ya, pada postingan ini Admin akan membagikan cara mudah menghilangkan typo di iPhone maupun iPad, dalam arti untuk mencegah agar iPhone tidak secara otomatis mengkoreksi hasil ketikan.


Baik, tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Menghilangkan Typo di iPhone

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Kemudian masuk ke menu Umum.

3. Lalu pilih menu Papan Ketik.

4. Setelah itu silakan cari dan matikan menu Koreksi Otomatis.


Jika sudah, maka setiap kata yang kalian ketik tidak akan lagi terkoreksi atau berubah otomatis sehingga typo dapat dihilangkan.

Cara-cara ini berlaku di hampir seluruh versi iOS terbaru dan seluruh model iPhone ya.. entah itu iPhone 7, 8, X, XR, XS, 11, 12, 13, 14, SE, dan seterusnya.

Apa Saja Penyebab Typo di iPhone?


1. Fitur Koreksi Otomatis

Salah satu penyebab utama Typo di iPhone adalah fitur "Koreksi Otomatis" yang akan mengkoreksi kata yang tidak sesuai ke kata yang seharusnya. Misalnya, apabila kalian ingin mengetik kata irama namun terinput "itama" maka iPhone secara otomatis akan mengkoreksinya ke "irama". Cukup membantu, bukan?

Namun tidak juga bagi sebagian pengguna yang mungkin memang ingin mengetik kata tertentu seperti kata "itama" tadi karena selalu berubah ke "irama". Jadi, menonaktfikan fitur "Koreksi Otomatis" adalah pilihan yang tepat.

2. Buru-Buru

Ya, tidak heran jika kalian mengetiknya secara buru-buru apalagi sedang tidak konsentrasi, meskipun fitur "Koreksi Otomatis" sudah dimatikan, bukan hal yang aneh jika typo sering terjadi.

Misalnya, jika kalian sedang lapar namun harus mengirimkan jadwal tertentu, bukannya menulis "malam" malah jadi "makan".

3. Kerusakan Layar

Ya, salah satu kerusakan layar yang umumnya menyebabkan typo adalah "Ghost Touch".

Ghost Touch merupakan kerusakan yang mengakibatkan layar menyentuh sendiri di area tertentu, atau menginput sentuhan di area yang berbeda dari sentuhan yang sebenarnya.

Hal ini umumnya sering ditemukan pada layar iPhone yang sudah mengalami gejala kerusakan atau penggunaan charger yang tidak tepat.

Penutup...

Bagaimana menurut kalian? apakah dnegan mematikan fitur di atas tadi kalian sudah tidak typo lagi? seharusnya begitu ya... jika masih typo juga mungkin faktor penyebab ke 2 atau ke 3 dapat menjadi akar masalahnya.

Oke, itu saja informasi cara menghilangkan atau mencegah typo (salah ketik) di iPhone yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih!