Cara Mengatasi Layar iPhone Tidak Merespon Sentuhan (8, X, XR, XS, 11, 12, 13, 14, SE 2/3)

Kali ini, saya akan membagikan cara mudah mengatasi layar iPhone yang tiba-tiba tidak bisa merespon sentuhan, alias tidak bisa disentuh sama sekali, entah itu untuk iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2020, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone SE 2022, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.


Sebelum melanjutkan, perlu kalian ketahui bahwa layar iPhone yang tiba-tiba tidak merespon sentuhan, umumnya hanya disebabkan oleh kesalahan sistem atau bug.

Untuk mengatasinya, kalian hanya perlu me-restart secara paksa (force restart) iPhone yang bermasalah tersebut. Bagaimana caranya? langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Mengatasi Layar iPhone Tidak Merespon Sentuhan

Lakukan dengan tempo perpindahan antar tombol agak cepat ya!

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power hingga iPhone mati atau restart.


Ingat! cara-cara di atas hanya berlaku bagi pengguna iPhone 8 dan lebih baru saja ya!

Bagi pengguna iPhone 7 dan 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Bawah dan tombol Power secara Bersamaan hingga iPhone mati atau Restart.

Bagi pengguna iPhone 6S, 6, 5S, dan lebih lama:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Home dan tombol Power secara Bersamaan hingga iPhone mati atau Restart.

Penting! apabila iPhone masih belum mati atau restart, coba jeda 5 detik, lalu ulangi cara-cara di atas tadi. Tetapi ingat, lakukan dengan perpindahan antar tombol dengan cepat.

Bagaimana, apakah sudah berhasil? seharusnya sudah ya... tetapi jika masih belum berhasil juga, coba cek langkah selanjutnya di bawah berikut.

iPhone Tidak Berhasil Mati atau Restart?

Apabila iPhone masih tidak juga berhasil mati atau restart setelah mengikuti cara-cara di atas tadi, ada kemungkinan layar iPhone telah mengalami kerusakan, terutama apabila masalah terjadi setelah iPhone terbentur keras (terjatuh) atau bahkan terendam air dalam waktu yang lama.

Jika begitu, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke layanan perbaikan resmi Apple atau layanan perbaikan yang sudah terpercaya lainnya. Jika masih dalam masa garansi, kalian bisa coba ajukan klaim garansi.

Namun, apabila cara-cara di atas tidak bisa dilakukan karena tombol iPhone mengalami kerusakan, kalian bisa menunggu hingga baterainya habis, atau cek cara-cara pada postingan berikut: Cara Restart Paksa iPhone / Hard Reset Tanpa Tombol dengan 3uTools

Penutup...

99% kasus layar iPhone yang tiba-tiba tidak merespon sentuhan umumnya hanya disebabkan oleh bug atau kesalahan sistem yang dapat dengan sangat mudah diatasi melalui cara-cara di atas tadi, alias Restart Paksa atau Force Restart.

Tak terkecuali apabila masalah terjadi setelah iPhone terbentur atau terendam air yang menyebabkan kerusakan fisik seperti retak apalagi pecah.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi layar iPhone yang tidak bisa merespon sentuhan apapun alias tidak bisa disentuh, Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya... terima kasih!