Penyebab dan Ciri-Ciri Logic Board iPhone Rusak

Salah satu kerusakan pada iPhone yang tidak jarang terjadi yakni datang dari Logic Board, kerusakan ini tergolong salah satu kerusakan yang cukup fatal, sulit diperbaiki, dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, pada postingan ini saya akan membagikan penyebab kerusakan dari Logic Board iPhone beserta ciri-cirinya yang penting kalian ketahui.

Apa itu Logic Board?

Contoh Komponen Logic Board iPhone (Sumber: iFixit)

Logic Board atau yang bisa disebut juga sebagai Motherboard merupakan papan rangkaian tempat berhubungnya beragam komponen.

Di iPhone sendiri Logic Board tersebut menghubungkan beragam komponen utama seperti CPU, RAM, hingga Chip Memori Penyimpanan.

Karena merupakan tempat berhubungnya beragam komponen utama, maka keberadaan Logic Board atau Motherboard ini sangatlah penting.

Penyebab Logic Board iPhone Rusak


Terdapat beragam hal yang dapat menyebabkan Logic Board atau Motherboard iPhone mengalami kerusakan, yakni:

1. Sering Terbentur atau Terjatuh

iPhone yang cukup sering terbentur atau terjatuh dapat menyebabkan tekanan yang kuat pada beragam komponen di dalamnya termasuk Logic Board yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan.

Perlu kalian ketahui juga bahwa benturan adalah penyebab paling sering kerusakan Logic Board iPhone.

2. Terkena Cairan

Salah satu penyebab utama Logic Board iPhone rusak datang dari kelembapan yang diakibatkan oleh air yang berhasil masuk ke dalam iPhone.

Kelembapan pada Logic Board tersebut dapat menyebabkan retakan halus yang mengakibatkan rangkaian penghubung menjadi terhambat.

3. Overheat (Panas Berlebih)

Sama seperti kelembapan, panas berlebih entah yang diakibatkan oleh faktor penggunaan atau debu yang sudah menumpuk, dapat menyebabkan rangkaian penghubung menjadi terhambat dan memicu kerusakan.

4. Usia

Ya, tidak dipungkiri lagi beragam komponen elektonik akan mengalami penurunan kualitas hingga akhirnya mengalami kerusakan.

Umumnya Logic Board dapat bertahan dan berfugnsi dengan normal hingga kurang lebih 1 dekade atau sekitar 10 tahun.

Ciri-Ciri Logic Board iPhone Rusak


Kerusakan yang disebabkan oleh Logic Board dapat mengakibatkan beragam ciri-ciri tergantung area kerusakan atau hambatan yang terjadi.

Berikut adalah ciri-ciri Logic Board iPhone yang bermasalah atau mengalami kerusakan:

1. Mati Total dan Tidak Merespon Saat Dicas

Sudah coba ganti charger bahkan sudah coba juga untuk mengganti charging port namun iPhone masih tidak bisa dicas atau menyala?

Jika begitu, maka ada kemungkinan yang sangat besar bahwa Logic Board iPhone telah mengalami kerusakan.

2. Sulit Merespon Sentuhan atau Nge-Lag

Banyak pengguna yang salah mengartikan iPhone yang nge-lag atau lemot diakibatkan oleh update iOS atau baterai yang mulai mengalami kerusakan, padahal masalah tersebut juga merupakan salah satu ciri-ciri utama kerusakan Logic Board.

3. Baterai Drop atau Terkuras dengan Cepat

Logic Board yang mengalami kerusakan dapat menguras daya baterai secara signifikan dalam waktu yang sangat singkat.

Tidak jarang iPhone juga akan langsung mati total padahal baterai masih tersedia cukup banyak.

Kalian bisa memastikannya lagi dengan melakukan penggantian ke komponen baterai yang baru, tetapi apabila masalah masih tetap muncul, maka hampir bisa dipastikan jika Logic Board adalah penyebabnya.

Apakah Kerusakan Logic Board iPhone Bisa Diperbaiki?


Sangat bisa, namun dibutuhkan keterampilan serta alat khusus untuk melakukannya.

Maka dari itu sebagai pengguna awam ada baiknya untuk membawa iPhone tersebut ke layanan perbaikan resmi Apple ataupun layanan perbaikan profesional lainnya yang telah terpercaya.

Ingat! biaya perbaikan kerusakan Logic Board bisa dikatakan cukup mahal bahkan hampir mendekati harga iPhone dalam kondisi barunya.

Selain itu tidak ada jaminan data-data yang ada pada iPhone masih bisa diselamatkan.

Penutup...

Nah, bagaimana, sudah tahu kan penyebab serta ciri-ciri kerusakan Logic Board iPhone?

Tetapi perlu kalian ketahui bahwa kerusakan Logic Board tersebut tidak bisa langsung dipastikan sendiri dari ciri-ciri yang sudah kalian baca di atas tadi ya.

Diperlukan beragam pengujian untuk dapat menentukan apakah benar Logic Board yang telah mengalami kerusakan atau bukan.

Sebab banyak ciri-ciri kerusakan yang diakibatkan oleh komponen lainnya yang menyerupai kerusakan yang diakibatkan oleh Logic Board.