Perbedaan iPhone iBox, TAM, Digimap, dan GDN

Pada postingan ini Admin akan membagikan informasi seputar perbedaan dan cara membedakan antara iPhone yang berasal dari iBox atau TAM (Erajaya), Digimap (MAP), dan GDN (Global Danapati Niaga).

Ketiganya merupakan distributor resmi iPhone serta beragam produk Apple lainnya yang ada di Indonesia (Authorized Apple).


Untuk membedakan iPhone yang berasal dari ketiga distributor tersebut, kalian cukup melihat perbedaannya dengan mudah melalui Nomor Model.

Ya, iPhone yang berasal dari ketiga distributor tersebut memiliki Nomor Model uniknya tersendiri yang dapat kalian gunakan untuk mengindentifikasi asalnya.

Berikut informasi selengkapnya.

Cara Membedakan iPhone yang Berasal dari iBox/TAM, Digimap, dan GDN

1. Pertama buka aplikasi "Pengaturan" iPhone.

2. Kemudian masuk ke menu "Umum" lalu menu "Mengenai".

3. Jika sudah, silakan cari dan perhatikan menu "Nomor Model" kemudian perhatikan dua huruf sebelum tanda garis miring "/".

  • PA/A merupakan Nomor Model yang menandakan bahwa iPhone tersebut berasal dari iBox atau TAM (keduanya sama-sama anak perusahaan Erajaya).
  • ID/A merupakan Nomor Model yang menandakan bahwa iPhone tersebut berasal dari Digimap (MAP).
  • SA/A merupakan Nomor Model yang menandakan bahwa iPhone tersebut berasal dari GDN atau Global Danapati Niaga (Blibli).

Selain melalui pengaturan, kalian juga dapat menemukan Nomor Model iPhone pada stiker yang terdapat pada dus iPhone tepatnya di bagian belakang.

Perbedaan iPhone iBox/TAM, Digimap, dan GDN

Perbedaan antara iPhone yang berasal dari iBox/TAM, Digimap, dan GDN datang dari layanan purna jual serta proses garansinya saja.

Purna Jual adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen terkait produk yang dibeli. Misalnya layanan perbaikan, tambahan garansi perlindungan, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, iPhone yang dijual atau berasal dari GDN memberikan tambahan garansi 6 bulan atas kerusakan yang tidak ditanggung oleh garansi resmi Apple. Misalnya seperti rusak karena layar pecah atau terendam air.


Proses garansinya juga disesuaikan dengan tempat atau distributor iPhone tersebut berasal atau dibeli.

Sedangkan untuk kualitas iPhone dan beragam fitur lainnya tidak ada perbedaannya sama sekali ya.

Penutup...

Di Indonesia Apple sendiri tidak secara secara langsung membuka toko resminya (Apple Store), sehingga tugas tersebut diambil alih oleh distributor pihak ketiga.

Entah apa alasannya, namun kemungkinan besar masalah Regulasi atau Minat Pasar di Indonesia yang kurang menarik bagi Apple.

Namun begitu, Distributor Resmi Apple di Indonesia sudah cukup menyediakan beragam layanan yang hampir sama seperti yang diberikan oleh Apple Store, mulai dari garansi, layanan perbaikan dengan alat resmi Apple, dan lain sebagainya.