Apa Saja iPhone yang Ada Dynamic Island?

Cukup banyak pengguna yang bertanya-tanya, iPhone apa saja untuk saat ini yang sudah ada atau mengusung desain Dynamic Island, yakni desain layar terbaru yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple melalui iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Nah, karena merupakan desain layar baru (bukan fitur yang ditambahkan melalui update iOS), maka kehadiran Dynamic Island terbatas pada iPhone tertentu saja.

Penasaran? berikut daftar selengkapnya:

iPhone yang Ada Dynamic Island


Berikut daftar iPhone yang ada atau sudah mengusung desain layar Dynamic Island:

  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 14 Pro

Ya, Dynamic Island adalah desain layar baru yang secara eksklusif hadir untuk pertama kalinya di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Sedangkan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus dengan harga yang lebih murah masih mengusung desain layar Notch.

Untuk ke depannya, kemungkinan besar desain layar Dynamic Island ini secara total akan menggantikan desain layar Notch pada jajaran utama generasi iPhone yang akan datang.

Apa Kelebihan Dynamic Island Dibandingkan Notch?


Dynamic Island pada dasarnya adalah area tempat kamera dan beragam sensor ditempatkan. Berbeda dengan kebanyakan smartphone lainnya, Apple mendesain area tersebut menjadi hidup dengan animasi serta interaksi.

Kalian bisa melihat beragam notifikasi, mengatur aplikasi atau fitur yang sedang berjalan, musik, dll., melalui Dynamic Island tersebut tanpa perlu masuk ke aplikasi atau mengakses panel Notifikasi atau Pusat Kontrol.

Intinya, semuanya menjadi lebih mudah.

Selengkapnya bisa coba kalian lihat melalui video berikut:


Sedangkan Notch adalah area pasif yang tidak memiliki interaksi atau animasi apapun. Tentu jika dibandingkan, Dynamic Island jauh lebih unggul dari beragam hal, entah itu untuk tampilan serta fungsinya.

Penutup...

Nah, bagaimana, tertarik ingin upgrade untuk mendapatkan fitur serta tampilan baru yang ditawarkan oleh Dynamic Island?

Untuk saat ini hanya iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang memilikinya. Namun untuk ke depannya kemungkinan besar desain tersebut akan diusung oleh seluruh jajaran iPhone 15, sehingga kalian bisa memiliki lebih banyak pilihan terutama dari sisi harga.