Cara Reset iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max Seperti Baru (Pengaturan Pabrik)

Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara me-reset iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max menjadi seperti baru lagi atau kembali ke pengaturan pabrik.

Cara ini dapat kalian gunakan sebelum menyerahkan atau menjual iPhone tersebut, ingin mengatasi beragam masalah pada iPhone (misalnya lemot, bug, dll.), atau sekedar ingin memulai ulang menggunakan iPhone tersebut.

Baik, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Reset iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max Seperti Baru (Pengaturan Pabrik)


Sebelum melanjutkan proses reset, disarankan untuk mem-backup data-data yang masih ada pada iPhone terlebih dahulu. Sebab seluruh data yang sudah terhapus tidak dapat dikembalikan lagi.

Selain itu sisakan setidaknya 50% daya baterai atau disarankan untuk menghubungkan iPhone ke pengisian daya.

Yang terakhir, pastikan iPhone telah terhubung ke internet entah itu yang berasal dari data seluler atau WiFi.

Berikut cara-caranya:

1. Pertama cari dan buka aplikasi "Pengaturan" iPhone.

2. Kemudian masuk ke menu "Umum".

3. Lalu pilih menu "Transfer atau Atur Ulang iPhone".


4. Jika sudah pilih menu "Hapus Konten & Pengaturan" dan ikuti prosesnya hingga selesai.


Selama proses reset, kalian akan diminta untuk memasukkan password iPhone dan password ID Apple untuk melanjutkan.

Ingat! setelah reset berhasil, iPhone tidak akan lagi terkunci atau terhubung ke ID Apple sehingga tidak bisa dilacak atau dikunci lagi. Jadi, pastikan untuk segera mengatur iPhone tersebut apabila memang tidak ingin dijual.

Tips Sebelum Menjual iPhone!


Merupakan langkah yang tepat untuk me-reset total iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, atau 14 Pro Max tersebut sebelum menjualnya.

Namun penting untuk kalian perhatikan bahwa sebelum menyerahkan iPhone tersebut untuk dijual, jangan login atau memasukkan ID Apple apapun ke iPhone tersebut ya. Jika tidak, maka iPhone akan terkunci kembali dan data-data yang ada di akun ID Apple kalian akan masuk kembali.

Jika sekedar untuk diatur masuk ke home screen tentu tidak masalah. Tetapi sebaiknya tidak perlu, biarkan pengguna baru yang nanti mengaturnya.

Selain itu, seluruh data-data kalian yang telah terhapus melalui proses reset tadi sudah tidak bisa atau bahkan mustahil dikembalikan lagi tanpa backup. Jadi tidak perlu khawatir adanya kebocoran data ya, sebab seluruh data di iPhone pada dasarnya telah terenkripsi dan akan hancur beserta kuncinya ketika iPhone di-reset ke pengaturan pabrik.

Penutup...

Nah, bagaimana, mudah bukan? selain me-reset langsung melalui iPhone itu sendiri, kalain sebenarnya bisa melakukannya juga melalui komputer, tepatnya melalui aplikasi iTunes atau Finder di Mac.

Tetapi cara tersebut terkesan merepotkan, kelebihannya hanya ada di proses backup data yang bisa dilakukan langsung ke komputer.

Tetapi apabila proses backup data sudah dilakukan melalui iCloud, maka cara-cara di atas tadi lebih disarankan karena hasilnya pun akan sama saja, efektif, cepat, dan mudah.

Oke, itu saja informasi seputar cara me-reset iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max yang dapat saya bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya, terima kasih!