Cara Menghidupkan Layar iPhone dengan Ketukan/Sentuhan

Ingin menghidupkan, mengaktifkan, menyalakan, atau membangunkan layar iPhone dengan ketukan atau sentuhan? jika begitu, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya untuk kalian.


Sebelum melanjutkan perlu kalian ketahui bahwa fitur untuk menghidupkan layar iPhone dengan ketukan atau sentuhan hanya tersedia mulai dari jajaran iPhone 8, X, XR, 11, 12, 13, 14, SE 2, SE 3, dan lebih baru lainnya.

Sedangkan jajaran iPhone 7, SE, 6S, 6, 5S, 5, dan lebih lama lainnya, tidak memiliki fitur untuk menghidupkan layar dengan ketukan atau sentuhan ini.

Jadi, bagi pengguna iPhone 8 dan lebih baru, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Menghidupkan Layar iPhone dengan Ketukan/Sentuhan

1. Buka aplikasi "Pengaturan".

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Sentuh.

3. Jika sudah, silakan aktifkan menu "Ketuk-Bangun".


4. Sekarang untuk menghidupkan layar iPhone kalian cukup mengetuk layar iPhone sebanyak 1 kali saja.

Ya, pada dasarnya atau secara pengaturan bawaan pabrik (default) kalian sudah bisa langsung mengetuk layar iPhone untuk menghidupkannya. Namun beberapa pengguna mendapati bahwa hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Biasanya pengguna yang mendapatinya adalah pengguna iPhone yang tidak mendukung fitur Ketuk-Bangun seperti jajaran iPhone 7, iPhone SE, iPhone 6S, dan lebih lama lainnya.

Solusi Menyalakan iPhone Tanpa Mengetuk Layar atau Menekan Tombol

Sebagai solusi atau alternatif menyalakan layar iPhone tanpa perlu mengetuk layar ataupun menekan tombol power, kalian bisa memanfaatkan fitur "Angkat-Bangun", yakni ketika iPhone diangkat maka layar secara otomatis akan menyala.

Namun ingat, fitur ini hanya tersedia mulai dari jajaran iPhone 6S, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 8, dan lebih baru lainnya.

Berikut cara mengaktifkannya:

1. Buka aplikasi "Pengaturan".

2. Kemudian masuk ke menu "Tampilan & Kecerahan".

3. Jika sudah, silakan aktifkan menu "Angkat-Bangun".


Nah, untuk penerapannya cukup mudah, ketika iPhone mengangkat iPhone yang diletakkan entah di meja atau kantung celana maka secara otomatis layar iPhone akan menyala.

Penutup...

Fitur Ketuk-Bangun atau menghidupkan layar iPhone dengan ketukan/sentuhan, sangat berguna ketika kalian ingin secara cepat melihat notifikasi, waktu, atau peringatan yang muncul di layar iPhone tanpa perlu menekan tombol power.

Lalu, apakah fitur ketuk-bangun ini memakan banyak daya baterai alias boros baterai? jawabannya tidak.

iPhone secara pintar dapat mendeteksi sentuhan yang tidak disengaja entah saat bersentuhan dengan beragam benda atau bahkan dengan kulit.