Apa Arti Respon Keamanan iOS atau iPadOS?

Tidak sedikit pengguna iPhone maupun iPad yang tiba-tiba menemukan pesan "Respon Keamanan iOS" atau "iOS Security Response".

Pesan ini dilaporkan pertama kali muncul di iOS/iPadOS 16.4.1 yang bisa kalian temukan juga melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apa Arti Respon Keamanan iOS/iPadOS?

Pesan "Respon Keamanan iOS 16.4.1 (a)" atau "iOS Security Response 16.4.1 (a)"

Respon Keamanan iOS atau iOS Security Response merupakan fitur update terbaru yang secara khusus hanya memperbarui, memperbaiki, atau meningkatkan keamanan pada sistem iOS/iPadOS di iPhone dan iPad. Tidak ada fitur atau tampilan baru yang dibawa dalam update tersebut.

Fitur ini pertama kali diperkenalkan dan dirilis oleh Apple melalui "iOS/iPadOS 16.4.1". Setelah melakukan update, kalian akan melihat versi iOS akan berubah dengan tambahan huruf di belakangnya, sebagai contoh "iOS/iPadOS 16.4.1 (a)".

Apakah Perlu Unduh dan Install Update Respon Keamanan iOS/iPadOS?

Dengan adanya fitur update terbaru ini, keamanan pada sistem iPhone atau iPad dapat dengan cepat diperbaiki atau ditingkatkan tanpa perlu menunggu update utama iOS/iPadOS yang dapat memakan waktu cukup lama serta memiliki ukuran yang besar.

Jadi, untuk mendapatkan sistem iPhone atau iPad yang lebih aman dari serangan siber, maka mengunduh dan menginstall update Respon Keamanan iOS adalah hal yang harus kalian segera lakukan.

Bagaimana Cara Mematikan Respon Keamanan iOS/iPadOS?

Meski sangat tidak disarankan karena dapat melemahkan sistem keamanan iPhone atau iPad, kalian dapat mematikan fitur update "Respon Keamanan iOS/iPadOS" melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis, kemudian matikan menu "Respons Keamanan & File Sistem".


Untuk menghapus Respon Keamanan iOS/iPadOS yang sudah diinstall, dapat dilakukan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai > Versi iOS lalu pilih "Hapus Respons Keamanan".


Update Respon Keamanan iOS/iPadOS Tidak Muncul?

Apabila kalian tidak menemukan pesan atau update "Respon Keamanan iOS/iPadOS", pastikan iPhone atau iPad telah terhubung ke Internet (disarankan untuk menggunakan WiFi).

Selain itu perlu kalian ketahui juga bahwa pesan ini hanya muncul bagi kalian yang iPhone atau iPad-nya sudah menggunakan setidaknya iOS/iPadOS 16.4.1 atau lebih baru.

Penutup...

Berbeda dengan update utama iOS/iPadOS yang dirilis dalam jeda waktu lama, apalagi sekedar untuk memperbaiki keamanan saja, fitur ini memungkinkan Apple untuk secara cepat mengatasi beragam masalah keamanan penting tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

Dengan adanya fitur ini kita juga berharap pada update utama iOS/iPadOS dapat berfokus pada fitur-fitur baru atau peningkatan stabilitas.

Bagaimana menurut kalian?