Cara Downgrade atau Hapus Update Respon Keamanan Cepat iOS/iPadOS di iPhone dan iPad

Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara downgrade atau menghapus update "Respons Keamanan Cepat" di iPhone dan iPad.


Cara ini saya bagikan sebab tidak sedikit pengguna yang melaporkan jika iPhone atau iPad mereka mengalami masalah setelah melakukan atau menginstall update "Respons Keamanan Cepat".

Baik, tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Downgrade atau Hapus Update Respons Keamanan Cepat iOS/iPadOS di iPhone dan iPad

Beruntung, proses downgrade atau menghapus update "Respons Keamanan Cepat" iOS maupun iPadOS, tanpa atau tidak memerlukan bantuan PC atau komputer, tanpa menghapus data, serta tanpa mereset pengaturan apapun.

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone atau iPad.

2. Kemudian cari dan pilih menu Umum > Mengenai > Versi iOS.

3. Jika sudah, pada menu Respons Keamanan Cepat, silakan tap "Hapus Respons Keamanan", lalu pilih lagi "Hapus", kemudian masukkan password perangkat untuk mengkonfirmasinya.


4. Sekarang iPhone atau iPad akan menyiapkan terlebih dahulu proses penghapusan update tersebut kurang lebih sekitar 5 - 10 menit. Setelahnya update Respon Keamanan Cepat tersebut akan dihapus secara otomatis.


Oh ya, kalian dapat menginstall ulang update respon keamanan cepat melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Cara Hapus File Update Respons Keamanan Cepat di iPhone dan iPad yang Belum Terinstall

Bagi yang ingin menghapus file update "Respons Keamanan Cepat" yang belum sempat terinstall, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone atau iPad.

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Penyimpanan iPhone.

3. Jika sudah, cari dan pilih menu "Respons Keamanan iOS xxx (x)"

4. Selanjutnya, tap menu "Hapus Pembaruan".


Cara Mematikan Update Otomatis Respons Keamanan Cepat di iPhone dan iPad

Apabila kalian tidak ingin meng-install atau meng-update "Respons Keamanan Cepat" secara otomatis, kalian bisa mematikannya melalui:

1. Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone atau iPad.

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis.

3. Jika sudah, silakan matikan menu "Respons Keamaan & File Sistem".


Penutup...

Sebenarnya update "Respons Keamanan Cepat" sangat direkomendasikan untuk diinstall agar keamanan di iPhone atau iPad kalian menjadi jauh lebih baik lagi.

Munculnya update keamanan tersebut biasanya bersifat penting karena mungkin saja celah keamanan yang tidak segera diperbaiki berpotensi dimanfaatkan oleh peretas untuk meretas iPhone atau iPad kalian.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk menghapusnya apabila update tersebut menimbulkan beragam masalah di iPhone atau iPad kalian.

Di sisi lain, kalian bisa mempertimbangkan untuk menginstallnya kembali kapanpun dan dimanapun, atau menunggu update selanjutnya yang mungkin sudah terbebas dari masalah yang sebelumnya terjadi di perangkat kalian.