Cara Mengatasi Apple Watch Dikunci ke Pemilik atau Locked to Owner

Saat sedang mengatur Apple Watch di iPhone, apakah kalian tertahan dan tidak bisa melewati pesan "Apple Watch Dikunci ke Pemilik" atau "Apple Watch Locked to Owner"?

Jika ya, apa sih artinya dan bagaimana cara melewati atau mengatasinya? berikut informasi selengkapnya!

Arti Apple Watch Dikunci ke Pemilik atau Locked to Owner


Pesan "Apple Watch Dikunci ke Pemilik" atau "Apple Watch Locked to Owner" menandakan bahwa Apple Watch masih tersangkut atau terkunci oleh ID Apple yang sebelumnya digunakan untuk mengatur Apple Watch tersebut.

Penyebab umumnya yakni Apple Watch yang di-reset langsung secara paksa tanpa melalui aplikasi "Watch" di iPhone yang terhubung atau terikat dengan Apple Watch tersebut.

Hal ini menyebabkan ID Apple yang tadinya harus dikeluarkan terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi proses reset, tidak dikeluarkan karena reset yang dilakukan secara paksa yang biasanya dilakukan untuk menghapus password pada Apple Watch.

Cara Mengatasi Apple Watch Dikunci ke Pemilik atau Locked to Owner

Apabila kalian merupakan pemilik dari Apple Watch tersebut, untuk mengatasi atau melewati pesan "Apple Watch Dikunci ke Pemilik" atau "Apple Watch Locked to Owner" sebenarnya sangatlah mudah, kalian cukup memasukan ID Apple serta Password yang digunakan pada iPhone yang mengatur Apple Watch tersebut sebelumnya.


Sebab Apple Watch akan terkunci atau terikat ke ID Apple yang digunakan pada iPhone yang mengaturnya.

Bagaimana Jika ID Apple yang Digunakan pada Apple Watch Tidak Diketahui atau Lupa?


Jika kalian baru saja membeli Apple Watch tersebut dari orang lain, kemudian muncul pesan tersebut saat akan mengatur Apple Watch, maka kalian perlu meminta ke si Penjual untuk menghapus Apple Watch tersebut dari ID Apple yang masih terikat.

Apabila tidak memungkinkan atau karena kalian yang benar-benar lupa dengan ID Apple yang sebelumnya digunakan pada Apple Watch, maka kalian bisa mencoba mendapatkan akses ke ID Apple yang lupa tersebut dengan mengakses halaman Lupa Password ID Apple.

Selanjutnya, kalian juga bisa mencoba membawa Apple Watch ke Apple Store resmi tempat kalian sebelumnya membeli Apple Watch tersebut dengan membawa sejumlah bukti pembelian dan kepemilikan. Mungkin saja Apple mau membantu kalian membuka Apple Watch yang terkunci tersebut.

Skenario terakhir, apabila kalian tidak memiliki bukti pembelian Apple Watch serta lupa sama sekali ID Apple yang digunakan pada Apple Watch dan tidak bisa mendapatkan aksesnya kembali, maka Apple Watch tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Bagaimana Cara By Pass Apple Watch Dikunci ke Pemilik atau Locked to Owner?


Untuk saat ini proses By Pass Apple Watch Dikunci ke Pemilik atau Locked to Owner ketersediaannya masih diragukan dan cukup rawan terhadap tindak penipuan.

Jadi, berhati-hatilah apabila ada jasa atau layanan yang menawarkan proses untuk By Pass Apple Watch.

Selain itu, melihat dari proses By Pass yang praktiknya sudah lama dilakukan juga di iPhone atau iPad, proses By Pass ini tidaklah mudah, umumnya sangat bergantung pada celah keamanan pada software, prosesnya yang tergolong cukup rumit, serta cukup rawan tindak penipuan.

Di sisi lain, pun apabila By Pass sudah berhasil dilakukan, akan ada banyak pantangan yang harus diikuti agar perangkat tidak terkunci kembali.

Misalnya untuk iPhone hasil By Pass sendiri, umumnya akan sangat dilarang untuk update ke iOS terbaru, tidak boleh reset pengaturan pabrik, atau bahkan kehilangan akses beberapa fitur penting seperti jaringan seluler.

Penutup...

Berbeda dengan iPhone atau iPad yang terkunci ke pemilik namun tetap bisa dibuka melalui Password Perangkat, untuk saat ini Apple Watch yang terkunci ke pemilik hanya bisa dibuka melalui ID Apple yang terhubung ke iPhone yang mengaturnya.

Hal tersebut menyebabkan kehilangan ID Apple hampir bisa diartikan juga seperti kehilangan fungsi dari Apple Watch tersebut.

Jadi, pastikan kalian benar-benar menjaga ID Apple agar tidak lupa. Biasanya Apple Watch menawarkan verifikasi keamanan melalui nomor telepon yang bisa kalian manfaatkan apabila sewaktu-waktu kehilangan akses ke ID Apple tersebut.