Cara Downgrade iOS 17 ke iOS 16 Melalui iTunes (iPhone XR, XS, 11, 12, 13, 14, SE 2/3)

Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara downgrade iPhone maupun iPad dari iOS 17 turun kembali ke iOS 16, termasuk iPadOS 17 ke iPadOS 16 bagi pengguna iPad.

Cara ini berlaku di seluruh iPhone yang sebelumnya telah mendukung iOS 16 atau iPadOS 16, entah itu iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE Gen-2, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone SE Gen-3, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max, serta beragam model iPad mulai dari iPad, iPad mini, iPad Air, dan iPad Pro.


Namun, sebelum melanjutkan ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum melakukan downgrade. Apa saja itu?

Syarat Downgrade ke iOS/iPadOS 17 ke 16.

  • Status downgrade ke iOS/iPadOS 16 masih dibuka oleh Apple.
  • PC, Komputer, Laptop, atau Mac dengan ruang penyimpanan kosong setidaknya 20 GB.
  • Kabel data.
  • Koneksi Internet.
  • Aplikasi iTunes (khusus pengguna macOS Catalina dan lebih baru, gunakan Finder).
  • DO WITH YOUR OWN RISK!

Ingat! akses downgrade ke iOS/iPadOS 16 hanya bisa dilakukan jika Apple masih mengizinkannya. Biasanya Apple akan langsung menutup akses downgrade iOS/iPadOS beberapa hari minggu setelah merilis iOS versi terbaru ke publik.

Cara ini berlaku untuk downgrade seluruh versi iOS 17 maupun iPadOS 17, mulai dari versi publik, hingga versi developer beta atau public beta.

Backup Data-Data Penting Sebelum Melanjutkan!

Seluruh data pada iPhone dan iPad akan dihapus selama proses downgrade dari iOS 17 atau iPadOS 17 ke iOS 16 atau iPadOS 16.

Ingat! untuk saat ini kalian tidak bisa melakukan downgrade iOS/iPadOS tanpa menghapus data, sebab beberapa data seperti data aplikasi atau pengaturan pada iOS/iPadOS versi lebih baru, tidak akan kompatibel dengan iOS/iPadOS versi lebih lama.

Satu-satunya data yang pasti bisa di-backup dan dikembalikan lagi setelah downgrade adalah Foto, Kontak, Catatan, dan beberapa file backup yang di-backup melalui iCloud.

Jadi, pastikan seluruh data pada iPhone atau iPad kalian sudah dibackup melalui iCloud. Caranya, cek pada aplikasi Pengaturan > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > iCloud.

Cara Downgrade iOS 17 ke iOS 16

1. Silakan download terlebih dahulu file firmware/ipsw iOS 16 atau iPadOS 16 yang masih dalam status "Signed" melalui link berikut: https://www.ipsw.me/ (pilih model perangkat yang ingin di-downgrade).


*Kalian bebas memilih versi iOS 16 atau iPadOS 16 selama masih dalam status "Signed" ya! apabila seluruh versi iOS 16 atau iPadOS 16 sudah dalam status "Unsigned" maka proses downgrade ke iOS/iPadOS 16 berarti sudah ditutup oleh Apple dan kalian tidak bisa lagi melanjutkan cara ini.

2. Sambil menunggu download selesai, silakan matikan fitur "Lacak iPhone" atau "Lacak iPad" terlebih dahulu. Caranya:

  • Buka aplikasi "Pengaturan" iPhone atau iPad.
  • Kemudian cari dan pilih menu "ID Apple, iCloud, Media & Pembelian" (terletak di bagian paling atas".
  • Kemudian pilih menu "Lacak".
  • Lalu menu "Lacak iPhone" atau "Lacak iPad".
  • Jika sudah, matikan menu "Lacak iPhone" atau "Lacak iPad" tersebut, dan masukan password ID Apple yang diminta.


3. Sekarang, apabila file iOS/iPadOS 16 tadi sudah berhasil di-download, langsung saja buka aplikasi iTunes di PC kalian (macOS Catalina dan lebih baru, gunakan Finder).

4. Kemudian sambungkan iPhone atau iPad menggunakan kabel data (apabila baru pertama kali disambungkan, silakan percayakan terlebih dahulu sambungan antara perangkat dan PC melalui password yang diminta pada perangkat).

5. Jika sudah terdeteksi, klik pada icon iPhone kecil yang ada di pojok atas kiri layar khusus pengguna aplikasi iTunes.


6. Setelah itu:

  • Khusus pengguna Windows: Tekan dan Tahan tombol "SHIFT" pada keyboard lalu klik menu "Restore iPhone".
  • Khusus pengguna Mac: Tekan dan Tahan tombol "Option" pada keyboard lalu klik menu "Restore iPhone".


6. Jika sudah, cari dan pilih dengan cara klik dua kali atau pilih open pada file firmware/ipsw iOS 16 atau iPadOS 16 yang sudah didownload tadi.


7. Setelahnya, aplikasi iTunes atau Finder akan memulai proses downgrade ke iOS 16 atau iPadOS 16.


*Selama proses downgrade berlangsung jangan mencabut sambungan iPhone atau iPad ke PC. iPhone atau iPad akan restart selama beberapa kali dan hal ini normal. Proses ini sendiri dapat memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit.

8. Setelah selesai, silakan atur kembali iPhone atau iPad kalian dari awal layaknya baru membeli iPhone atau iPad tersebut. Pada tahap ini kalian sudah bisa mencabut sambungan iPhone atau iPad dari PC.


9. Selesai...

Apabila Downgrade iOS/iPadOS Gagal dan Stuck di Logo Apple

Apabila proses downgrade mengalami kegagalan atau stuck di logo Apple (lebih dari setengah jam), maka kalian perlu me-restore iPhone atau iPad tersebut melalui "Recovery Mode".

Berikut cara-caranya:

1. Pada iPhone atau iPad yang stuck di logo Apple, silakan:

iPhone XR, XS, 11, 12, 13, 14, SE 2, SE 3, dst.:

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga iPhone menampilkan logo PC dan Kabel.

Khusus iPad dengan tombol Home:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Home dan Power/Lock secara bersamaan hingga iPad Restart/menampilkan logo PC dan Kabel.

2. Setelah iPhone atau iPad menampilkan logo PC dan Kabel, hal ini menandakan bahwa proses masuk ke Recovery Mode sudah berhasil dilakukan.


3. Selanjutnya, klik "Cancel" pada pesan yang muncul di aplikasi iTunes atau Finder seperti yang ditunjukan pada gambar berikut:


4. Jika sudah, silakan ulangi lagi proses ke-6 di atas, yakni:

  • Khusus pengguna Windows: Tekan dan Tahan tombol "SHIFT" pada keyboard lalu klik menu "Restore iPhone".
  • Khusus pengguna Mac: Tekan dan Tahan tombol "Option" pada keyboard lalu klik menu "Restore iPhone".

5. Setelah itu, pilih kembali file iOS/iPadOS 16 yang sudah di-download tadi, dan tunggu kembali hingga proses downgradenya selesai.

Video Cara Downgrade iOS 17 ke 16

Masih Bingung dengan tutorial pada artikel di atas? cek tutorial video downgrade iOS 17 ke iOS 16 berikut:


Penutup...

Nah, bagaimana, apakah sudah berhasil? jika ada masalah selama proses downgrade ke iOS 16 atau iPadOS 16 berlangsung, jangan lupa tinggalkan pertanyaan kalian melalui kolom komentar di bawah ya!