Cara Downgrade iOS 17 ke 16 dengan 3uTools - iPhone XR, XS, 11, 12, 13, 14, SE 2/3

Kali ini, saya akan membagikan cara downgrade iOS 17 ke 16 dengan aplikasi 3uTools bagi pengguna iPhone, atau dari iPadOS 17 ke iPadOS 16 bagi pengguna iPad.


Cara ini berlaku di seluruh model iPhone serta iPad, tepatnya mulai dari iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE Gen-2, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone SE Gen-3, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max, serta iPad, iPad mini, iPad Air, dan iPad Pro.

Alih-alih menggunakan 3uTools, bagi kalian yang ingin downgrade dengan aman menggunakan aplikasi iTunes (resmi) silakan cek artikel berikut: Cara Downgrade iOS 17 ke iOS 16 Melalui iTunes (iPhone XR, XS, 11, 12, 13, 14, SE 2/3)

Sebelum Melanjutkan!

Penting! seluruh data pada iPhone atau iPad akan dihapus selama proses downgrade dengan 3uTools berlangsung.

Kalian tidak bisa melakukan downgrade tanpa menghapus data, sebab tidak seluruh data atau pengaturan di iOS/iPadOS terbaru, cocok atau kompatibel dengan iOS/iPadOS versi lama.

Jadi, silakan backup data-data penting seperti foto, catatan, kontak, dan lain sebagainya melalui iCloud langsung di iPhone atau iPad itu sendiri.

Selain itu, proses downgrade ini hanya bisa dilanjutkan apabila iOS 16 atau iPadOS 16 statusnya masih di-signed oleh Apple, dalam arti masih diizinkan untuk diinstall.

Biasanya Apple menutup akses downgrade ke iOS atau iPadOS tertentu (unsigned) setelah beberapa hari hingga minggu merilis iOS atau iPadOS versi terbaru ke publik.

Hal yang Perlu Dipersipakan

  • PC, Komputer, atau Laptop (saat ini 3uTools hanya mendukung Windows).
  • Aplikasi 3uTools (Download: https://www.3u.com/)
  • Aplikasi iTunes (harus diinstall agar iPhone atau iPad dapat terdeteksi oleh 3uTools, Download: https://www.apple.com/id/itunes/).
  • Kabel data.
  • Koneksi Internet.
  • Backup data-data penting ke iCloud (opsional).

Jika sudah siap, langsung saja ikuti cara-cara selanjutnya berikut ini.

Cara Downgrade iOS 17 ke 16 dengan 3uTools 

1. Pertama, sambungkan iPhone ke PC dengan kabel data, lalu buka aplikasi 3uTools.

  • Jika tidak terdeteksi oleh apliaksi 3uTools, pastikan untuk mengkonfirmasikan terlebih dahulu password yang diminta pada layar iPhone atau iPad.

3. Selanjutnya, klik pada menu "Smart Flash".


3. Setelah itu, pada menu "Easy Flash" silakan cari dan pilih Firmware versi iOS 16 yang diinginkan, atau iPadOS 16 bagi pengguna iPad.
 
  • Pilih firmware iOS/iPadOS 16 yang bukan versi Beta ya! sebab versi Beta merupakan versi Uji Coba yang menyimpan banyak bug dan tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari.
  • Apabila tidak tersedia satupun firmware iOS/iPadOS 16 yang tersedia, berarti akses downgrade ke iOS/iPadOS 16 sudah ditutup oleh Apple dan kalian tidak bisa melanjutkan lagi cara ini.


4. Setelah firmware iOS/iPadOS 16 dipilih, di sini kita akan mematikan terlebih dahulu fitur "Lacak iPhone" atau "Lacak iPad" untuk memperlancar proses downgrade. Berikut cara-caranya:

  • Buka aplikasi "Pengaturan" di iPhone atau iPad.
  • Lalu cari kemudian pilih menu "ID Apple, iCloud, Media & Pembelian".
  • Selanjutnya pilih menu "Lacak".
  • Kemudian pilih menu "Lacak iPhone" atau "Lacak iPad".
  • Terakhir, matikan menu "Lacak iPhone" atau "Lacak iPad" dan masukan password ID Apple yang diminta.


5. Jika sudah, kembali ke aplikasi 3uTools, silakan pilih menu "Quick Flash Mode". Contohnya seperti yang ditunjukan oleh gambar di bawah berikut:


  • Ingat! pastikan kalian memilih mode "Quick Flash Mode" ya, jika tidak, atau malah memilih "Retain User's Data", maka saat proses downgrade nantinya 3uTools secara otomatis akan melakukan restore data dari iOS 17 yang menyebabkan iPhone stuck di logo Apple alias error karena masalah kompatibililtas.

6. Selanjutnya, klik pada menu "Flash".


7. Lalu, pilih lagi "Flash" untuk memulai proses Downgrade.


8. Pada tahap ini, aplikasi 3uTools akan men-download terlebih dahulu file firmware iOS/iPadOS 16 yang sudah kalian pilih tadi.


9. Nantinya, setelah download selesai, aplikasi 3uTool secara otomatis akan melakukan proses downgrade.


  • Selama proses downgrade iOS 17 ke iOS 16 berlangsung, jangan mencabut sambungan iPhone ke PC. Proses downgrade ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

10. Apabila sudah muncul pesan, "Congratulations. Clean Flash Completed." maka proses downgrade sudah berhasil dilakukan.


Pada tahap ini, kalian sudah bisa mencabut sambungan iPhone atau iPad dari PC dan mengatur iPhone atau iPad tersebut layaknya baru pertama kali mengaturnya.

Tutorial Video

Bagi yang masih kesulitan memahami langkah-langkah di atas, cek juga video cara downgrade iOS 17 ke iOS 16 dengan aplikasi 3uTools berikut ini:


Penutup...

Berbeda dengan menggunakan aplikasi iTunes yang mana kalian perlu mencari sendiri file firmware iOS 16 atau iPadOS 16, melalui aplikasi 3uTools file firmware sudah tersedia.

Dengan begitu, bisa dibilang menggunakan aplikasi 3uTools untuk downgrade akan lebih mudah dibandingkan menggunakan aplikasi iTunes.

Meski begitu, untuk beberapa alasan seperti keamanan, beberapa pengguna mungkin lebih menyukai menggunakan iTunes karena merupakan aplikasi yang resmi dari Apple sendiri.

Bagaimana menurut kalian?