Cara Menggunakan Jarak Layar/Screen Distance di iPhone

Ingin menjaga kesehatan mata saat menggunakan iPhone? kabar baiknya, melalui iOS 17, Apple telah merilis fitur "Jarak Layar" atau "Screen Distance" yang memungkinkan kalian untuk menjaga kesehatan mata dengan menjaga jarak antara mata dengan layar.

Kehadiran fitur ini akan membantu melindungi pengguna dari Digital Eye Strain serta untuk jangka panjangnya dapat mencegah Miopia atau Rabun Jauh (minus).

Apa itu Fitur Jarak Layar atau Screen Distance di iPhone?


Jarak Layar atau Screen Distance di iPhone merupakan fitur yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata pengguna dengan cara menampilkan peringatan pada layar apabila pengguna menatap layar terlalu dekat dalam jangka waktu tertentu.

Fitur Jarak Layar atau Screen Distance ini tersedia bagi pengguna iPhone dengan sensor True Depth (Face ID) yang sudah menginstall setidaknya iOS 17 dan lebih baru, dan merupakan bagian dari fitur Durasi Layar atau Screen Time.

Cara Menggunakan atau Mengaktifkan Fitur Jarak Layar atau Screen Distance

1. Pertama, pastikan iPhone kalian mendukung fitur Jarak Layar atau Screen Distance, yakni mulai dari iPhone XR dan lebih baru yang sudah mendukung teknologi Kamera True Depth atau Face ID.

*Saat postingan ini ditulis iOS 17 belum secara resmi dirilis ke publik. Untuk menginstall iOS 17 lebih awal atau versi Beta, silakan cek di sini: https://www.youtube.com/watch?v=at0mZKHNzgc

2. Jika sudah siap, langsung saja buka aplikasi "Pengaturan" iPhone.

3. Kemudian cari dan pilih menu "Durasi Layar" atau "Screen Time".


4. Lalu cari dan pilih lagi menu "Jarak Layar" atau "Screen Distance".


5. Terakhir, silakan aktifkan menu "Jarak Layar" atau "Screen Distance" tersebut.


Setelahnya, ketika kalian menatap layar iPhone dalam jarak yang dekat terlalu lama, maka akan muncul pesan peringatan berikut di layar yang hanya dapat ditutup ketika kalian telah memposisikan jarak ke layar setidaknya 30 cm.


Bagaimana Cara Menonaktifkan Fitur Jarak Layar atau Screen Distance?

1. Buka kembali aplikasi "Pengaturan" iPhone.

2. Kemudian cari dan pilih menu "Durasi Layar" atau "Screen Time".

3. Lalu cari dan pilih lagi menu "Jarak Layar" atau "Screen Distance".

4. Terakhir, silakan matikan menu "Jarak Layar" atau "Screen Distance" tersebut.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian?

Ya, kehadiran fitur ini sangat membantu menjaga kesehatan mata terutama bagi yang sering menatap layar terlalu lama bahkan terlalu dekat. Cocok juga bagi kalian yang ingin menjaga kesehatan mata anak.

Selain untuk melindungi dari risiko rabun jauh, dalam jangka pendek fitur ini juga dapat melindungi mata dari dampak Digital Eye Strain, yakni sekumpulan gejala mata lelah atau tegang seperti berair/kering, penglihatan kabur/ganda, sakit kepala, rasa kaku di leher/bahu/punggung, sensitif terhadap cahaya, sulit berkonsentrasi, serta merasa kesulitan membuka mata.